7 Bukit di Sukabumi Untuk Melihat Keindahan Alam dari Ketinggian

Sabtu 23 Juli 2022, 09:00 WIB
Inilah deretan bukit di Sukabumi yang bisa dijadikan lokasi menikmati pemandangan wilayah Sukabumi dari ketinggian | Foto: Instagram/deimran16

Inilah deretan bukit di Sukabumi yang bisa dijadikan lokasi menikmati pemandangan wilayah Sukabumi dari ketinggian | Foto: Instagram/deimran16

SUKABUMIUPDATE.com - Weekend tiba, saatnya mempersiapkan agenda untuk berwisata! Bicara tempat wisata di Kabupaten Sukabumi memang seakan tidak ada habisnya. Pesona alam yang dimiliki daerah ini membuat wisatawan takjub, mulai dari pantai, danau, air terjun hingga perbukitan keren bisa dengan mudah ditemukan di salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini.

Untuk objek wisata perbukitan ada sejumlah tempat yang bisa menjadi pilihan. Dari atas perbukitan ini, pengunjung bakal melihat pesona alam yang luar biasa di Kabupaten Sukabumi. Mana saja?

1. Bukit Sabak

photoView dari bukit Sabak Sukabumi - (Instagram/@moto_grapher11)</span

 

Bukit Sabak terletak di Desa Semplak, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari kawasan industri yang banyak terdapat di daerah ini. Bukit Sabak memiliki pemandangan yang cukup indah untuk memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

Meski memiliki ketinggian yang tergolong rendah namun dari puncak bukit ini kamu bisa melihat kawasan hijau hutan pinus, dan vegetasi lain yang ada di sekelilingnya.

Namun jangan terkecoh dengan ukuran dan tingginya, karena pemandangan yang dimilikinya akan membuat kamu takjub.

 

Baca Juga :

7 Rekomendasi Danau di Sukabumi yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Bersama Keluarga

 

2. Puncak Peuyeum

 

photoPuncak Peuyeum - (Instagram/@mvalerior)</span

 

Puncak Peuyeum merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi tepatnya di Geger Bitung. Bukit satu ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, bahkan beberapa orang menyebutnya “negeri di atas awan” karena suasana di pagi hari lembah yang tadinya berwarna hijau akan berubah menjadi lautan putih seputih kapas.

Lokasi Puncak Peyeum beralamat di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk menuju puncak peuyeum memang sedikit perlu perjuangan mengingat akses jalan menuju tempat ini belum sepenuhnya baik.

3. Bukit Pamancar

 

photoPemandangan dari Bukit Pamancar di Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. - (Pemdes Jampang Tengah)</span

 

Sensasi yang paling berkesan dari sebuah pendakian adalah mencapai puncak gunung. Sudah terbayang kan, dari ketinggian itu hamparan alam yang terbentang luas dan indah akan begitu nampak jelas.

Tapi di daerah selatan Kabupaten Sukabumi, ada yang namanya bukit Pamancar di Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah. Ketika berada di puncak bukit ini sensasinya seperti berada di puncak gunung yang tinggi, dari puncak ini terlihat jelas pemandangan Gunung Gede dan Gunung Salak.

 

Baca Juga :

Rekomendasi Wisata Alam Dekat Kota Sukabumi, Cocok Buat Santai Bareng Keluarga

 

4. Puncak Aher

 

photoPuncak Aher. - (Istimewa)</span

 

Objek wisata Puncak Aher tak hanya menyajikan keindahan pemandangan kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dari ketinggian. Lebih dari itu, pengunjung bisa menikmati malam di Puncak Aher sambil camping.

Puncak Aher yang dulunya bernama Puncak Pamoyanan atau ada juga yang menyebut Puncak Awan berada di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi

Camping di tempat ini terasa berkesan, sebab ketika malam pemandangan yang disajikan berupa hamparan cahaya dari lampu rumah-rumah warga di pesisir pantai yang begitu terlihat jelas. Dan Ketika pagi hari, mata langsung menerawang pemandangan laut yang masih tertutup kabut.

5. Karang Numpang

 

photoUntuk objek wisata perbukitan di Sukabumi ada sejumlah tempat yang bisa menjadi pilihan dengan pemandangan alam memanjakan mata - (Instagram/@deimran16)</span

 

Tempat wisata yang terletak di Kampung Legok Nyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi ini, menyuguhkan panorama alam nan indah. Bebatuan karang berwarna putih pucat seperti tumbuh dari balik hamparan ilalang yang indah membentang bak permadani. Sungguh sebuah pemandangan eksotis dengan view Kota Sukabumi.

Untuk mendapat pemandangan yang memanjakan mata, sebaiknya kamu datang kesini di pagi hari atau sore saat sinar matahari tidak terlalu panas.

Untuk sampai ke tempat ini, gampang-gampang susah. Dari jalur utama ruas Jalan Mangkalaya-Cisaat, Anda harus melewati jalan berbatu sepanjang kira-kira satu kilometer untuk bisa sampai ke puncak bukit karang numpang.

6. Karang Para

 

photoKarang Para Sukabumi - (Instagram/@topiksayabundar)</span

 

Objek wisata Karang Para di Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terus menambah spot hiburan bagi pengunjung. Wisata ketinggian ini menawarkan berbagai spot uji adrenalin, mulai dari balon udara, sepeda gantung hingga sajadah terbang.

Terbaru, pengelolah objek wisata Karang Para membuat spot foto di balon udara ukuran besar. Balon udara ini bahkan bisa dilihat dari jauh, menjadi penanda baru kawasan objek yang berada di Kampung Padaraang Desa Cimanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi INI.

Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan selatan Kota Sukabumi dari ketinggian.

7. Gunung Sunda

 

photoPemandangan Gunung Gede Pangrango dari Gunung Sunda. - (Iman Firmansyah.)</span

 

Objek wisata Gunung Sunda Reborn yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Di Gunung Sunda ini ada yang dinamakan area Halu Lumpang yang dikhususkan untuk camping ground atau camping area. Jadi yang mau kemping di Gunung Sunda, area ini tempatnya, dengan fasilitasnya ada gajebo, penyewaan tenda dan lain sebagainya serta api unggun tentunya.

Sementara untuk spot yang biasa atau titik puncak Gunung Sunda masih akan dijadikan tempat wisata untuk keluarga. Di puncak, masyarakat dapat melihat pemandangan daerah Cisaat dan Kota Sukabumi dari ketinggian kemudian di titik puncak terdapat area botram, Spot foto, warung dan lain sebagainya.

 

Baca Juga :

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)