7 Rekomendasi Danau di Sukabumi yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Bersama Keluarga

Sabtu 16 Juli 2022, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi dikenal memiliki banyak wisata alam yang beragam, salah satunya adalah danau atau yang dalam bahasa Sunda disebut situ.

Banyak orang memilih danau sebagai tujuan wisata lantaran danau dikenal memiliki suasana yang menenangkan sehingga sangat cocok menjadi tempat melepas penat dari aktivitas harian.

Tidak hanya warga lokal Sukabumi saja, tapi banyak juga warga luar Sukabumi yang sengaja datang untuk menikmati keindahan danau atau situ tersebut.

Baca Juga :

Rekomendasi Wisata Alam Dekat Kota Sukabumi, Cocok Buat Santai Bareng Keluarga

Berikut rekomendasi danau yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur kamu di Sukabumi.

1. Situ Cipiit

photoSitu Dewa Dewi Cipiit Sukabumi menjadi salah satu destinasi pilihan untuk masyarakat yang ingin berkumpul dan berwisata bersama keluarga menjelang Ramadan, atau biasa disebut Papajar. - (SU/Ragil Gilang)</span

Wisata alam Situ Dewa Dewi Cipiit Sukabumi menjadi salah satu destinasi pilihan untuk masyarakat yang ingin berkumpul dan berwisata bersama keluarga saat hari libur tiba.

Objek wisata tersebut berada di kawasan hutan pinus Perhutani KPH Sukabumi di Kampung Rawaseel Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini dikelilingi hutan pinus yang rimbun sehingga udara disini cukup sejuk. Di kawasan ini juga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, menaiki perahu berkeliling danau, berkemah atau sekedar bersantai di bawah rimbunnya hutan pinus Situ Cipiit.

2. Situ Gunung

photoDanau Situ Gunung - (Instagram/@Dede Imran)</span

Danau yang berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Sehingga masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Tempat ini menyajikan panorama alam yang indah ditambah dengan udara yang segar bisa menjadi obat yang mujarab untuk stress karena pekerjaan yang menumpuk dan hiruk pikuk perkotaan.

3. Situ Zen

photoSitu Zen di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. - (Muhammad Gumilang)</span

Objek wisata ini berupa Situ yang memiliki luas kurang lebih 1,5 hektare. Di Situ ini pengunjung bisa naik perahu dan bisa memancing. Tempatnya nyaman dan asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh mengelilingi situ. Adapun luas area keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 2 hektare, Situ Zen berada di lingkungan pesantren Al-Bukhori, Kampung Cisitu, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

4. Situ Cukang Paku

photoSitu Cukang Paku di kampung Talaga Darmawangi, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran. - (Demmi Pratama)</span

Menikmati objek wisata alam sekaligus mencoba wahana outbound bisa dilakukan Situ Cukang Paku di kampung Talaga Darmawangi, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Situ Cukang Paku memiliki keindahan alam yang cocok untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Fasilitas penunjang di objek wisata ini diantaranya wahana permainan flaying fox. Pengunjung juga bisa bersantai di hammock bertingkat di tengah rimbunnya hutan pinus.

5. Situ Cibanteng

photoLokasi Situ Cibanteng di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang nampak masih asri dan sejuk. - (Demmi Pratama)</span

Bosan dengan tempat liburan yang ramai, penuh sesak dan monoton? Mungkin liburan ke Situ Cibanteng bisa jadi pilihan. Tempatnya di Kampung Cibanteng, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Danau alami seluas satu hektare itu ada di sebelah timur Pantai Minajaya, Kabupaten Sukabumi.

Airnya sangat jernih dan dikelilingi pepohonan rindang. Keramahan penduduk desa di sekitar Situ Cibanteng akan membuat siapaun yang berkunjung bertambah betah

6. Situ Sukarame

photoSitu Sukarame - (Instagram/@riniaraya07)</span

Susana sejuk khas pegunungan sangat terasa di Situ Sukarame yang berada di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Situ Sukarame menawarkan pemandangan indah memadukan antara perkebunan teh, hutan pinus dan hutan damar yang rindang dengan jernihnya air dan birunya langit. Situ ini menjadi area pelepas lelah.

7. Situ Batukarut

photoSitu Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. - (Basarnas)</span

Danau atau Situ Batu Karut terletak di daerah Kampung Batu Karut RT 3/RW 08, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini dikelilingi rimbunnya pepohonan dan memiliki air yang jernih sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih tempat ini sebagai tujuan berlibur.

Selain itu, Yang menjadi tujuan utama orang berkunjung ke Danau Batu Karut yaitu adanya tempat pemandiannya bernama "Pancuran tujuh" yang berada di sebelah utara Danau

Pancuran tujuh ini memiliki air yang sangat jernih yang langsung berasal dari sumber mata air.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99