Light Dark

7 Rekomendasi Danau di Sukabumi yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Bersama Keluarga

Travel | 16 Jul 2022, 09:00 WIB
(Ilustrasi) Banyak rekomendasi danau di Sukabumi yang bisa menjadi pilihan kamu berlibur bersama keluarga di akhir pekan | Instagram/@Dede Imran

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi dikenal memiliki banyak wisata alam yang beragam, salah satunya adalah Danau atau yang dalam bahasa Sunda disebut situ.

Banyak orang memilih Danau sebagai tujuan wisata lantaran Danau dikenal memiliki suasana yang menenangkan sehingga sangat cocok menjadi tempat melepas penat dari aktivitas harian.


Advertisement

Tidak hanya warga lokal Sukabumi saja, tapi banyak juga warga luar Sukabumi yang sengaja datang untuk menikmati keindahan Danau atau situ tersebut.

Baca Juga :

Berikut rekomendasi Danau yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur kamu di Sukabumi.


Advertisement

1. Situ Cipiit

photoSitu Dewa Dewi Cipiit Sukabumi menjadi salah satu destinasi pilihan untuk masyarakat yang ingin berkumpul dan berwisata bersama keluarga menjelang Ramadan, atau biasa disebut Papajar. - (SU/Ragil Gilang)

Wisata alam Situ Dewa Dewi Cipiit Sukabumi menjadi salah satu destinasi pilihan untuk masyarakat yang ingin berkumpul dan berwisata bersama keluarga saat hari libur tiba.

Objek wisata tersebut berada di kawasan hutan pinus Perhutani KPH Sukabumi di Kampung Rawaseel Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini dikelilingi hutan pinus yang rimbun sehingga udara disini cukup sejuk. Di kawasan ini juga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, menaiki perahu berkeliling danau, berkemah atau sekedar bersantai di bawah rimbunnya hutan pinus Situ Cipiit.

2. Situ Gunung

photoDanau Situ Gunung - (Instagram/@Dede Imran)

Danau yang berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Sehingga masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Tempat ini menyajikan panorama alam yang indah ditambah dengan udara yang segar bisa menjadi obat yang mujarab untuk stress karena pekerjaan yang menumpuk dan hiruk pikuk perkotaan.

3. Situ Zen

photoSitu Zen di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. - (Muhammad Gumilang)

Objek wisata ini berupa Situ yang memiliki luas kurang lebih 1,5 hektare. Di Situ ini pengunjung bisa naik perahu dan bisa memancing. Tempatnya nyaman dan asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh mengelilingi situ. Adapun luas area keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 2 hektare, Situ Zen berada di lingkungan pesantren Al-Bukhori, Kampung Cisitu, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

4. Situ Cukang Paku

photoSitu Cukang Paku di kampung Talaga Darmawangi, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran. - (Demmi Pratama)

Menikmati objek wisata alam sekaligus mencoba wahana outbound bisa dilakukan Situ Cukang Paku di kampung Talaga Darmawangi, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Situ Cukang Paku memiliki keindahan alam yang cocok untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Fasilitas penunjang di objek wisata ini diantaranya wahana permainan flaying fox. Pengunjung juga bisa bersantai di hammock bertingkat di tengah rimbunnya hutan pinus.

5. Situ Cibanteng

photoLokasi Situ Cibanteng di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang nampak masih asri dan sejuk. - (Demmi Pratama)

Bosan dengan tempat liburan yang ramai, penuh sesak dan monoton? Mungkin liburan ke Situ Cibanteng bisa jadi pilihan. Tempatnya di Kampung Cibanteng, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Danau alami seluas satu hektare itu ada di sebelah timur Pantai Minajaya, Kabupaten Sukabumi.

Airnya sangat jernih dan dikelilingi pepohonan rindang. Keramahan penduduk desa di sekitar Situ Cibanteng akan membuat siapaun yang berkunjung bertambah betah

6. Situ Sukarame

photoSitu Sukarame - (Instagram/@riniaraya07)

Susana sejuk khas pegunungan sangat terasa di Situ Sukarame yang berada di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Situ Sukarame menawarkan pemandangan indah memadukan antara perkebunan teh, hutan pinus dan hutan damar yang rindang dengan jernihnya air dan birunya langit. Situ ini menjadi area pelepas lelah.

7. Situ Batukarut

photoSitu Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. - (Basarnas)

Danau atau Situ Batu Karut terletak di daerah Kampung Batu Karut RT 3/RW 08, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini dikelilingi rimbunnya pepohonan dan memiliki air yang jernih sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih tempat ini sebagai tujuan berlibur.

Selain itu, Yang menjadi tujuan utama orang berkunjung ke Danau Batu Karut yaitu adanya tempat pemandiannya bernama "Pancuran tujuh" yang berada di sebelah utara Danau

Pancuran tujuh ini memiliki air yang sangat jernih yang langsung berasal dari sumber mata air.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran