Light Dark

Rekomendasi Wisata Alam Dekat Kota Sukabumi, Cocok Buat Santai Bareng Keluarga

Travel | 09 Jul 2022, 10:00 WIB
(Ilustrasi) Sukabumi memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memiliki banyak tempat Wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama Keluarga saat hari libur tiba.

Kamu dan Keluarga bisa menikmati udara sejuk Sukabumi sembari melepas penat setelah disibukan dengan berbagai aktivitas harian.


Advertisement

Berikut rekomendasi tempat Wisata alam yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sukabumi.

1. Danau Situ Gunung

photoDanau Situ Gunung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Oksa Bachtiar Camsyah)

Siapa yang tidak mengenal lokasi wisata yang terkenal dengan jembatan gantung dengan panjang ratusan meter ini. Namun, selain jembatan gantung, icon Wisata alam Situ Gunung yang sebenarnya adalah danau Situ Gunung itu sendiri.


Advertisement

Baca Juga :

Danau atau Situ (bahasa Sunda) ini berlokasi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Berada di ketinggian 1.100-an meter di atas permukaan laut, danau Situ Gunung menyimpan sejumlah cerita menarik. Air bening yang berkelindan dengan eksotisnya hutan damar, membuat telaga seluas 7,6 hektare ini menjadi tempat yang cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Fasilitas disini juga sudah lengkap mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, toilet hingga penjual makanan dan minuman siap memanjakan setiap pengunjung yang datang.

2. Pondok Halimun

photoPondok Halimun - (via nativeindonesia)

Pondok Halimun Sukabumi merupakan tempat yang cocok untuk menikmati suasana alam khas pegunungan.

Tempat ini juga ramah untuk anak-anak. Disini mereka dapat merasakan sejuknya udara yang masih sangat asri serta dapat bermain beberapa kegiatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Wisata alam ini memiliki area yang sangat luas untuk melakukan kegiatan perkemahan maka tak heran jika kawasan wisata yang satu ini selalu banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah.

3. Taman Selabintana

photo(Ilustrasi) Taman Selabintana - (Istimewa)

Selabintana adalah destinasi wisata yang cukup terkenal di Sukabumi. Tempat wisata ini sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda dulu.

Pada masa tersebut, Sukabumi menjadi salah satu peristirahatan bagi petinggi-petinggi perkebunan Belanda.

Dengan area yang luas ditambah dengan pemandangan alam yang memanjakan mata menjadikan Selabintana selalu ramai dikunjungi Keluarga yang berlibur.

Selabintana sangat dekat dari pusat kota Sukabumi, kamu hanya perlu waktu sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan dari pusat kota Sukabumi untuk mencapai taman rekreasi ini.

4. Gunung Sunda

photoObjek wisata Gunung Sunda yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. - (Istimewa)

Objek wisata Gunung Sunda Reborn yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kini menyajikan sesuatu yang baru setelah vakum akibat Covid-19.

Di Gunung Sunda ini ada yang dinamakan area Halu Lumpang,  lokasi tersebut khusus untuk camping ground atau camping area.

Dari puncak Gunung Sunda, masyarakat dapat melihat pemandangan daerah Cisaat dan Kota Sukabumi dari ketinggian kemudian di titik puncak terdapat area botram, spot foto, warung dan lain sebagainya.

5. Karang Para

photoKarang Para Sukabumi - (Instagram/@topiksayabundar)

Objek wisata Karang Para berlokasi di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Karang Para memiliki beberapa spot unik seperti sepeda gantung dan sajadah terbang, balon udara serta untuk para pengunjung yang suka berfoto-foto atau selfie di tempat ini sangatlah cocok, selain tempat untuk foto-foto disediakan juga tempat untuk istirahat (Gazebo) kadang sama pengunjung dipakai untuk makan bersama atau botram.

Untuk akses menuju lokasi Karang Para tidaklah sangat sulit, dari kota Sukabumi hanya 5 Km, jalan raya arah Palabuhanratu,  belok kanan di pertigaan Cipeundeuy dan langsung menuju Karang Para.

Dari arah kecamatan Cisaat dapat dicapai melalui Mangkala menuju kampung Gunung Guruh, kemudian belok kanan melewati kampung Pasir Badak arah Padaraang.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran