Light Dark

Simak 5 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan Terutama bagi Pria

Sehat | 28 Jun 2022, 11:30 WIB
Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan Terutama bagi Pria | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kacang Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti lemak, mineral, vitamin, dan mineral yang baik untuk Kesehatan tubuh.

Melansir dari Healthline, ada begitu banyak minat pada Kacang Kenari sehingga selama 50 tahun terakhir, para ilmuwan dan pakar industri telah berkumpul setiap tahun di University of California, Davis, untuk melakukan sebuah konferensi Kacang Kenari yang membahas tentang penelitian Kesehatan dari kacang tersebut.


Advertisement

photoKacang Kenari - (Freepik)

Dan berikut ini kami bagikan lima manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan terutama bagi pria.


Advertisement

Baca Juga :

1. Kaya akan Antioksidan

Kenari memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari kacang yang lain. Kandungan tersebut berasal dari vitamin E, melatonin, dan polifenol yang terdapat pada kulit tipis kenari.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang sehat menunjukan jika mengonsumsi kenari setelah makan berat dapat mencegah kerusakan oksidatif kolesterol jahat.

2. Kaya akan Kandungan Omega-3

Kacang kenari secara signifikan merupakan kacang yang mengandung omega-3 yang tinggi dalam 28 gram Kacang Kenari menyediakan 2,5 gram omega-3.

Lemak omega-3 yang terkandung dalam tumbuhan disebut sebagai alfa linolenat (ALA) merupakan lemak esensial yang sangat baik untuk kesehatan.

Menurut Institute of Medicine, kebutuhan harian asupan ALA  untuk Pria adalah 1,6 gram da wanita 1,1 gram, yang artinya hanya butuh mengonsumsi 1 kenari setiap harinya.

Studi observasional telah menunjukkan bahwa setiap gram ALA yang dimakan per hari menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 10 persen.

3. Mempromosikan Usus yang Sehat

Sebuah studi menunjukkan bahwa jika usus kamu kaya akan bakteri yang meningkatkan Kesehatan dan mikroba lain (mikrobiota usus),kamu cenderung memiliki usus yang sehat.

Komposisi mikrobiota kamu yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan dan penyakit pada usus dan di tempat lain di dalam tubuh, hal tersebut meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Mengonsunsi Kacang Kenari dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung Kesehatan mikrobiota dan usus.

Melansir dari Healthline, saat 194 orang dewasa yang sehat makan 43 gram kenari setiap harinya selama delapan minggu, mereka mengalami peningkatan bakteri menguntungkan. 

Hal itu termasuk peningkatan bakteri yang menghasilkan butirat, lemak yang memberi nutrisi pada usus kamu dan meningkatkan Kesehatan usus.

4. Mengurangi Risiko Beberapa Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan dan manusia, menunjukkan bahwa makan kenari dapat mengurangi risiko kanker tertentu, diantaranya adalah kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

Seperti disebutkan sebelumnya, kenari kaya akan ellagitannin polifenol. Mikroba usus tertentu bisa mengubahnya menjadi senyawa urolitin.

Urolithin dapat memiliki sifat anti-inflamasi di usus kamu yang mungkin menjadi salah satu cara makan kenari membantu melindungi terhadap kanker kolorektal. 

Tindakan anti-inflamasi urolithin juga dapat membantu melindungi terhadap kanker lainnya 

Terlebih lagi, urolitin memiliki sifat seperti hormon yang memungkinkan mereka memblokir reseptor hormon di tubuh kamu.

Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko kanker terkait hormon, khususnya kanker payudara dan prostat.

Meskipun begitu, masih membutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengkonfirmasi efek makan kenari pada penurunan risiko kanker ini dan kanker lainnya, serta untuk mengklarifikasi semua cara atau mekanisme yang dapat membantu mereka.

5. Mendukung Kesehatan Reproduksi Pria

Diet khas yang dilakukan orang barat, yaitu dengan tinggi makanan olahan, gula dan biji-bijian olahan,  telah dikaitkan dengan penurunan fungsi sperma.

Mengonsumsi Kacang Kenari bisa membantu mendukung Kesehatan sperma dan kesuburan kaum adam.

Melansir dari Healthline, saat 117 Pria muda yang sehat memasukkan 75 gram kenari setiap hari dalam diet gaya barat mereka selama tiga bulan, maka mereka telah meningkatkan bentuk sperma, vitalitas, dan mobilitas, dibandingkan dengan Pria yang tidak makan kacang kenari.

Bahkan penelitian yang dilakukan hewan menunjukkan bahwa makan kenari bisa membantu melindungi sperma dengan mengurangi kerusakan oksidatif pada membrannya.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini, tetapi jika kamu seorang Pria yang peduli dengan kesuburan, makan kenari adalah hal yang sederhana untuk dicoba.

Baca Juga :

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah