Light Dark

Ini Dia 3 Manfaat Ekstrak Bunga Melati untuk Kesehatan

Sehat | 28 Jun 2022, 09:45 WIB
Manfaat Ekstrak Bunga Melati untuk Kesehatan | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga Melati merupakan salah satu bunga yang memiliki wangi khas yang banyak disukai orang. Ekstrak bunga berwarna putih ini pun kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk parfum, sabun mandi, hingga lulur.


Advertisement
photoIlustrasi Bunga Melati - (Freepik)

Dikutip oleh tempo.co, Healthline, minyak aromaterapi Bunga Melati meningkatkan keseimbangan oksigen, pernapasan dan tekanan darah. 

Menurut Journal of Health Research, menghirup minyak atsiri melati mempengaruhi aktivitas otak, suasana hati menjadi lebih positif, energik, dan romantis.

Wewangian melati juga digunakan untuk kamar pengantin suasana yang romantis. Efek stimulasi dari aroma melati meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.


Advertisement

Diantara banyaknya khasiat aromaterapi dari bunga melati, ekstraknya juga memiliki Manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :

1. Antiseptik

Spesies Jasminum sambac bersifat antimikroba mengatasi semua jenis candida dan bakteri penyebab sariawan. 

Manfaat itu yang memungkinkan minyak melati efektif mengatasi peradangan dan mencegah infeksi saat dioleskan ke bagian mulut maupun kulit yang terluka.

Minyak melati yang terbuat dari Jasminum sambac itu berkhasiat membunuh bakteri Escherichia coli.

Minyak melati murni maupun yang ditambahkan campuran sama-sama berguna untuk mencegah bakteri pengganggu saluran pencernaan itu.

Semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam saluran pencernaan bermula dari mulut. Minyak melati juga efektif membasmi berbagai mikroorganisme mulut, salah satunya L. casei dan S. mutans. 

Minyak melati sebagai antimikroba yang melawan bakteri berbentuk jamur (strain candida) penyebab sariawan.

2. Antispasmodik

Minyak melati digunakan sebagai obat rumahan untuk meredakan nyeri dan ketegangan perut. Antispasmodik meredakan atau menurunkan risiko kejang otot dan membantu relaksasi,

3. Mengurangi Insomnia

Merujuk publikasi ilmiah European Journal of Applied Physiology, aroma melati berguna meningkatkan aktivitas saraf otonom dan suasana hati. 

Zat adaptogen dalam melati bersifat menenangkan sistem saraf yang stres dan pikiran. Penggunaan aromaterapi melati di ruang tidur berkemungkinan membantu orang insomnia bisa mendapat jam tidur yang sehat.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah