Light Dark

Merasa Lelah Mental ? Ini 3 Cara Mengatasinya Menurut Ahli

Sehat | 27 Jun 2022, 13:30 WIB
Merasa Lelah Mental? Ini 3 Cara Mengatasinya Menurut Ahli | Freepik

SUKABUMIUPATE.com - Kesehatan metal bukanlah hal yang dapat Anda sepelekan begitu saja. Ada berbagai macam risiko yang bisa Anda alami jika menyepelekan Kesehatan mental.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda yang diberikan tubuh saat Anda mengalami kelelahan mental. 


Advertisement

Selain itu, Anda juga bisa mendapat bantuan pihak ketiga untuk membantu Anda belajar menetapkan batasan dan menemukan strategi optimal untuk mendukung kesejahteraan Anda.

Melakukan upaya bersama untuk mendengarkan tubuh sebelum Anda kehabisan tenaga akan membuat perbedaan besar dalam menjaga Anda tetap sehat dan bebas dari kelelahan.

photoIlustrasi Lelah Mental - (Freepik)

Shaina Painter, seorang pelatih Kesehatan di Parsley Health, klinik Kesehatan online, menawarkan beberapa petunjuk bermanfaat untuk mengidentifikasi apakah Anda berjuang dengan bentuk kelelahan ini, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelelahan.


Advertisement

Tanda-tanda Anda mungkin Lelah secara Mental seperti ketidakstabilan emosi, perubahan suasana hati, merasa kewalahan, kelelahan, sulit berkonsentrasi dan kesulitan membuat keputusan.

Berikut ini tiga metode untuk mengatasi kelelahan Mental yang kami lansir dari tempo.co.

Baca Juga :

1. Mengembalikan Kembali Kekuatan atau Semangat

Setelah mengidentifikasi bahwa Anda mungkin berjuang dengan kelelahan mental, inilah saatnya untuk mengambil kembali kekuatan Anda.

Menegaskan batasan dan memperhatikan dengan baik jadwal Anda dan apa yang perlu Anda lakukan setiap hari dapat membantu Anda menemukan sisa yang Anda butuhkan. 

Jika Anda menemukan kegembiraan di hari Anda, ini akan mengangkat semangat Anda, yang dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat energi. 

“Seringkali kita merasa Lelah dengan jadwal atau diet kita, jadi mengambil kembali kekuatan kita dan menambahkan masukan kita sendiri ke dalam hari kita dapat melontarkan kita untuk memiliki lebih banyak motivasi, lebih banyak energi mental, dan bahkan menurunkan sebagian dari kelelahan Mental kita,” tambahnya. .

2. Mengutamakan Perawatan Diri

Perawatan diri dapat terlihat berbeda dari orang ke orang, tetapi Painter mengatakan itu penting untuk mengurangi kelelahan dan meremajakan pikiran. 

“Satu langkah perawatan diri bisa berupa tidur malam yang nyenyak, atau berjalan-jalan di luar, atau makan tiga kali sehari dengan seimbang,” jelasnya.

“Ada berbagai cara kita dapat melatih perawatan diri, dan saya selalu suka mengatakan 'jadwalkan itu seperti pertemuan dengan diri sendiri yang tidak dapat Anda batalkan.'”

Jika Anda benar-benar ingin menghentikan kelelahan mental, Anda harus mengutamakan diri sendiri, dan ini berasal dari mendengarkan tubuh Anda dan apa yang dikatakannya kepada Anda. Baik itu masker wajah, makanan seimbang, atau malam bersama teman-teman, Anda tahu apa yang akan membantu mengisi ulang baterai Anda.

3. Mencari Bantuan saat Dibutuhkan

Kesehatan Mental Anda sangat terkait erat dengan kelelahan, jadi tetap waspada terhadap gejala dan mencari dukungan saat dibutuhkan dapat membuat perbedaan besar. 

“Kelelahan Mental terkadang dapat ditutupi sebagai depresi atau kecemasan, atau kondisi kesehatan Mental lainnya,” kata Painter.

Anda bisa mencari tim perawatan klinis yang dapat membantu Anda mengungkap pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan Mental dan menciptakan jalur untuk memproses dan memahami kelelahan Anda sehingga tidak menjadi masalah yang berulang.

Baca Juga :

SOURCE: MIND BODY GREEN | TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah