Light Dark

Inilah Manfaat Madu untuk Asam Lambung, Jangan Sampai Terlewatkan!

Sehat | 27 Jun 2022, 13:30 WIB
Inilah Manfaat Madu untuk Asam Lambung, Jangan Sampai Terlewatkan! | Frreepik

SUKABUMIUPDATE.com - Madu dikenal sejak lama sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu asam lambung.

Mengkonsumsi Madu untuk Asam Lambung ini mungkin terdengar asing untuk sebagian orang. Padahal kenyataannya, Madu memiliki khasiat untuk meredakan gejala Asam Lambung lho.


Advertisement

photoMadu - (Freepik)

Sebelum mengetahui berbagai manfaat Madu untuk asam lambung. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu gejala asam lambung.

Melansir dari Alodokter.com, beberapa gejala Asam Lambung yang sering muncul adalah sensasi panas pada perut atau dada, mulut terasa pahit, serta kesulitan untuk menelan.

Nah, satu satu cara alami untuk meredakan gejala tersebut adalah dengan mengonsumsi madu.


Advertisement

Baca Juga :

Manfaat Madu untuk Atasi Asam Lambung

Manfaat Madu untuk mengatasi Asam Lambung tidak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya, seperti komponen senyawa aktif seperti flavonoid, asam fenolik, dan polifenol.

Ketiga senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan dan anti radang yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Sebagai obat alami untuk asam lambung, antioksidan dalam Madu bekerja untuk menangkal radikal bebas yang dapat mencegah kerusakan sel pada saluran pencernaan.

Selain itu, Madu juga dapat meredakan peradangan yang Anda rasakan di kerongkongan.

Dalam beberapa penelitian bahkan menunjukan jika Madu dapat melindungi lapisan kerongkongan dari iritasi yang disebabkan karena naiknya asam lambung.

Selain itu, makanan yang kerap kali dijadikan selai ini juga bisa menetralkan Asam Lambung yang berlebihan.

Manfaat lain Madu selain untuk meredakan gejala asam lambung, juga dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan pencernaan lainnya, seperti diare, gastroenteritis, dan sembelit.

Cara Mendapatkan Manfaat Madu untuk Atasi Asam Lambung

Dalam beberapa penelitian menyebutkan, mengkonsumsi satu sendok Madu setiap harinya cukup untuk meredakan gejala Asam Lambung tersebut.

Anda juga dapat mencampurkan Madu dengan segelas air hangat atau teh.

Walaupun penelitian masih lebih banyak, namun mengonsumsi Madu masih dianggap sebagai cara yang paling aman dan efektif untuk meredakan gejala asam lambung.

Bahkan sebagian besar orang Indonesia dapat mengonsumsi Madu tanpa mengalami efek samping.

Namun, jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki alergi pada madu, hindari mengonsumsi selai manis ini ya!

Apalagi jika Anda penderita Diabetes, gula darah rendah, atau sedang mengonsumsi obat yang bisa mempengaruhi kadar gula darah sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum rutin mengonsumsi Madu.

Baca Juga :

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah