Light Dark

125 Jemaah Haji Kota Sukabumi Berangkat ke Tanah Suci, Warga Antusias Melepas

Sukabumi | 24 Jun 2022, 22:14 WIB
Pelepasan calon jemaah haji Kota Sukabumi di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (24/6/2022) malam. | Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Unsur Forkopimda Kota Sukabumi melepas 125 orang calon jemaah haji 1443 H/2022 M di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (24/6/2022) malam. Pelepasan dilakukan langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami.

Turut hadir dalam pelepasan itu Kepala Kementerian Agama Kota Sukabumi Ali Mashuri, Ketua MUI Kota Sukabumi KH Aab Abdulloh, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin, dan perwakilan unsur Forkopimda lainnya.


Advertisement

''Rasa syukur mendalam setelah penantian cukup lama, hari ini penuh rasa haru dan bangga berkumpul di gedung yang mempunyai sejarah besar dalam perjalanan Sukabumi,'' kata Fahmi. Dipilihnya Gedung Juang 45 sebagai pemberangkatan haji karena para sesepuh pejuang kemerdekaan dilepas di gedung ini.

Baca Juga :

Fahmi mengatakan selama 40 hari di tempat yang sama harus menjaga diri dan upayakan selalu takbir, tahlil, dan tahmid kepada Allah SWT. Fahmi juga menitipkan faktor cuaca panas di tanah suci sehingga jemaah harus menjaga kesehatan karena perjalanan panjang dan disiapkan petugas kesehatan yang mendampingi.


Advertisement

''Kita ingin hari ini berangkat bersama-sama dan pulang kembali ke Sukabumi bersama-sama sebanyak 125 orang jemaah,'' katanya. Fahmi memohon agar para jemaah haji mendoakan negeri dan kota semoga tetap membanggakan dan nyaman untuk semua dan tetap kondusif.

photoWarga antusias melepas calon jemaah haji Kota Sukabumi di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (24/6/2022) malam. - (Sukabumiupdate.com/CRP-Gianni Fathin Rabbani)

Pemberangkatan haji tahun ini disambut antusias warga karena selama dua tahun ke belakang terkunci pandemi Covid-19. Sejumlah warga berbondong-bondong melihat dan melepas calon jemaah haji ke tanah suci.

Gunawan (36 tahun), salah satu warga yang ikut mengantar calon jemaah haji dari Kecamatan Lembursitu mengatakan masyarakat sangat antusias karena dua tahun sebelumnya tidak ada pemberangkatan akibat pandemi covid-19. "Mudah-mudahan Indonesia akan terus mendapatkan kuota haji dan pandemi hilang agar setiap tahun ada pemberangkatan haji," kata dia.

Gunawan berharap agar semua calon jemaah haji dilancarkan dalam perjalanannya, "Semoga semua calon jemaah haji diberikan keselamatan dan juga kesehatan dari mulai berangkat sampai kembali lagi ke tanah air," ucapnya.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur