Light Dark

Cegah Bunuh Diri, Hubungi 3 Layanan Darurat Ini untuk Atasi Depresi

Sehat | 26 May 2022, 16:45 WIB
Ilustrasi Depresi Berat Bisa Mengakibatkan Seseorang Melakukan Aksi Bunuh Diri, Oleh Sebab Itu Untuk Mencegahnya Cobalah Hubungi Pelayanan Darurat Dibawah Ini! | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus Bunuh Diri merupakan salah satu kasus yang wajib untuk menjadi perhatian pemerintah di Indonesia. 

Berbagai macam permasalahan hidup kerap kali membuat seseorang Depresi sampai akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. 


Advertisement

Merangkum dari berbagai website kesehatan di Indonesia, Depresi sendiri lebih sering dialami oleh orang dewasa dan yang jadi penyebabnya bisa dari faktor genetik, hormon, dan zat kimia yang ada di otak manusia.

photoIlustrasi Bunuh Diri Akibat Depresi - (Istimewa)

Depresi ini akan menjadi sangat bahaya jika sudah masuk dalam kategori berat, oleh karena itu seharus kita lebih aware pada kondisi psikologis seseorang.


Advertisement

Melansir dari WebMD ciri-ciri orang menderita Depresi berat diantaranya yaitu:

Baca Juga :

  • Menderita insomnia atau bisa juga tidur secara berlebih
  • Mudah marah
  • Merasa putus asa

Setelah gejala tersebut akan muncul pikiran tentang kematian sehingga melakukan tindakan bunuh diri.

Bunuh diri sendiri merupakan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan meskipun sedang menghadapi masalah hidup yang sangat berat. 

Masih banyak upaya atau penangan yang bisa kita lakukan untuk saat merasa kondisi mental sedang tidak baik. 

Karena Depresi dapat diobati dan dikendalikan jika kita berusaha dan ingin sembuh dari Depresi itu sendiri untuk mencegah keinginan bunuh diri.

Dan dibawah kami akan bagikan pelayanan untuk mencegah Bunuh Diri dan serta mengobati Depresi yang sedang dirasakan.

1. Pelayanan Call Center Kemenkes

Jika sedang merasakan gejala-gejala Depresi yang sudah disebutkan di atas, maka Anda dapat menghubungi call center yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan.

Kemenkes menyediakan layanan kesehatan jiwa melalui pusat panggilan 119 extension 9 bagi yang ingin berkonsultasi masalah kesehatan mental.

2. Call Center Halo Kemenkes 1500-567

Selain call center 911 ext 9, kemenkes juga menyediakan pelayanan 24 jam Halo Kemenkes 1500-567.

Atau Anda juga dapat mengirim pesan singkat ke nomor  081281562620, faksimili (021) 5223002, dan mengirim email ke kontak@kemkes.go.id.

3. Yayasan Pulih

Yayasan pulih merupakan layanan psikologi untuk semua orang yang membutuhkan, terutama untuk yang orang yang mengalami trauma akibat kekerasan, konflik keluarga, bencana alam, dan taurama lainnya.

Anda bisa menghubungi  (021) 78842580 atau via whatsapp  08118436633 (jam kerja) dan hubungi via email pulihfoundation@gmail.com

Itulah tiga pelayanan untuk orang yang sedang Depresi untuk mencegah peningkatan kasus bunuh di Indonesia.

Catatan Redaksi:

Depresi bukan hal sepele yang bisa Anda abaikan begitu saja. Jika Anda memiliki teman atau saudara yang sedang mengalami permasalahan pada mentalnya sebaiknya segera menghubungi pelayanan di atas!

Baca Juga :

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah