Light Dark

Ahli Gizi Sebutkan 4 Makanan Terbaik untuk Penderita Radang Tenggorokan

Sehat | 26 May 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Makanan Terbaik untuk Penderita Radang Tenggorokan | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Radang Tenggorokan merupakan sebuah kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pilek, alergi, bahkan bisa karena Anda terlalu banyak berteriak.

Kondisi ini menyebabkan Tenggorokan terasa gatal, nyeri saat menelan, dan sulit berbicara dengan lancar. 


Advertisement

Radang juga menyebabkan sulit makan dan minum, yang  justru diperlukan saat sakit untuk membantu sembuh dari virus, bakteri, atau alergi.

Ada beberapa Makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat menderita Radang tenggorokan. Menurut Ahli Gizi dan penulis buku Finally Full, Finally Slim dan The Portion Teller Plan, Lisa Young, Makanan ini nyaman di tenggorokan, tapi tidak mengiritasi. 

Simak daftar yang diberikan Young, seperti dilansir oleh tempo.co dari eatthis.com.


Advertisement

Baca Juga :

1. Oatmeal 

photoIlustrasi Oatmeal - (Freepik)

"Makanan yang memiliki tekstur lembut dan mudah ditelan adalah pilihan terbaik," kata Young. "Makanan ini juga dapat membatasi iritasi pada tenggorokan."

Oatmeal tidak hanya lunak, tetapi juga menyediakan banyak nutrisi sehingga orang yang sakit akan tetap sehat selama masa penyembuhan. 

Makanan ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan energy sehingga bisa melakukan aktivitas harian meski sedang sakit. Makanan ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjadi sumber serat yang bagus.

2. Yogurt

photoIlustrasi Yogurt - (Freepik)

Yogurt juga merupakan Makanan bertekstur lembut lainnya yang mudah ditelan saat sedang mengalami sakit tenggorokan. 

Yogurt mengandung nutrisi untuk membantu menjaga tubuh tetap sehat saat berurusan dengan apa pun yang menyebabkan sakit tenggorokan.

“Yogurt mengandung kalsium dan protein,” kata Young.

Yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Probiotik ini dikenal untuk membantu menyeimbangkan mikrobioma usus dan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Family Medicine bahkan menyatakan bahwa probiotik dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, berpotensi membantu mencegah masuk angin.

3. Kaldu Ayam

photoIlustrasi Kaldu Ayam - (Freepik)

"Makanan hangat juga bisa membantu menenangkan tenggorokan," kata Young. 

"Kaldu ayam adalah Makanan yang sempurna untuk membantu mengatasi hal ini dan dapat membantu mengurangi iritasi."

Young mengatakan bahwa kaldu ayam juga sangat menghidrasi. Ini karena mengandung jumlah natrium yang cukup tinggi, menjadikannya cara alami untuk membantu mengisi kembali elektrolit tubuh. 

Ini bagus jika sakit Tenggorokan lelah dengan flu, pilek, atau apa pun yang menyebabkan tubuh Anda kehilangan banyak air dan elektrolit alami.

4. Es loli

photoIlustrasi Es loli - (Freepik)

"Es loli juga merupakan pilihan yang baik karena menghidrasi dan sangat menenangkan tenggorokan," kata Young.

Menurut Medical News Today, es loli membantu menurunkan suhu ujung saraf di tenggorokan. Ini membantu mengurangi sinyal rasa sakit saat mengalami Radang tenggorokan. Es loli juga mengaktifkan reseptor sementara, Melastatin 8, yang menghasilkan pereda nyeri.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | EATTHIS.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah