Light Dark

Ahli Gizi Ungkap Fakta Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

Sehat | 26 May 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Air lemon dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama jika diminum saat pagi | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Air Lemon dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama jika diminum saat Pagi hari hingga banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan mereka melakukan hal tersebut.

Mengutip dari Tempo.co, minuman ini mengandung vitamin C. Tapi tahukah Anda efek paling signifikan minum Air Lemon pada tubuh dan saluran kemih?


Advertisement

Air lemon menghidrasi tubuh. Ahli gizi terdaftar Colleen Christensen mengatakan bahwa minuman sehat yang telah dipromosikan oleh influencer internet sebagai ramuan ajaib, bukanlah cairan detoks super yang akan bekerja sangat baik untuk berat badan, warna kulit, saluran kemih, dan pencernaan. Itu hanya mitos.

Baca Juga :

Tapi kembali ke manfaat kesehatannya yang banyak dipercaya, Christensen menjelaskan yang sesungguhnya. "Manfaat Air Lemon berasal dari air minum, bukan lemon itu sendiri," kata Christensen.

"Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu tubuh kita berfungsi dengan baik, yang benar-benar dapat berarti kesehatan kantung kemih juga!"


Advertisement

Salah satu dari banyak fungsi tubuh yang membantu minum banyak air adalah buang air kecil. Sebuah studi meta-analisis 2015 dalam jurnal Medicine menemukan bahwa asupan air yang tinggi mengencerkan konsentrasi urine dan keasaman urine dan menghilangkan kelebihan garam untuk mengurangi risiko pengembangan batu ginjal hingga 60 persen.

photo(Ilustrasi) Air lemon. - (via thekitchenmagpie.com)

Analisis menentukan bahwa minum cukup cairan (sekitar setengah galon) untuk menghasilkan 2,5 liter keluaran urin mengurangi risiko batu ginjal.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa minum jus lemon atau jus asam lainnya dikaitkan dengan pengurangan risiko batu ginjal, meta-analisis ini tidak menemukan hubungan seperti itu.

Christensen mencatat bahwa minum Air Lemon dapat memperburuk gejala bagi orang yang menderita masalah kandung kemih tertentu.

"Bagi mereka dengan sistitis interstisial (sering disebut sindrom kandung kemih yang menyakitkan), jika ada gejala, Air Lemon mungkin bukan ide terbaik untuk semua orang," kata Christensen.

Lemon dan jus jeruk lainnya, kopi, teh, alkohol, dan beberapa makanan adalah pemicu iritasi kandung kemih. Namun, secara umum, Air Lemon adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh.

"Jika Air Lemon adalah minum air dengan cara yang lebih menyenangkan, lakukanlah!" kata Christensen.

SUMBER: EATTHIS.COM | TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran