Ahli Gizi Ungkap Fakta Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

Kamis 26 Mei 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Air lemon dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama jika diminum saat pagi hari hingga banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan mereka melakukan hal tersebut.

Mengutip dari Tempo.co, minuman ini mengandung vitamin C. Tapi tahukah Anda efek paling signifikan minum air lemon pada tubuh dan saluran kemih?

Air lemon menghidrasi tubuh. Ahli gizi terdaftar Colleen Christensen mengatakan bahwa minuman sehat yang telah dipromosikan oleh influencer internet sebagai ramuan ajaib, bukanlah cairan detoks super yang akan bekerja sangat baik untuk berat badan, warna kulit, saluran kemih, dan pencernaan. Itu hanya mitos.

Baca Juga :

Tapi kembali ke manfaat kesehatannya yang banyak dipercaya, Christensen menjelaskan yang sesungguhnya. "Manfaat air lemon berasal dari air minum, bukan lemon itu sendiri," kata Christensen.

"Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu tubuh kita berfungsi dengan baik, yang benar-benar dapat berarti kesehatan kantung kemih juga!"

Salah satu dari banyak fungsi tubuh yang membantu minum banyak air adalah buang air kecil. Sebuah studi meta-analisis 2015 dalam jurnal Medicine menemukan bahwa asupan air yang tinggi mengencerkan konsentrasi urine dan keasaman urine dan menghilangkan kelebihan garam untuk mengurangi risiko pengembangan batu ginjal hingga 60 persen.

photo(Ilustrasi) Air lemon. - (via thekitchenmagpie.com)</span

Analisis menentukan bahwa minum cukup cairan (sekitar setengah galon) untuk menghasilkan 2,5 liter keluaran urin mengurangi risiko batu ginjal.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa minum jus lemon atau jus asam lainnya dikaitkan dengan pengurangan risiko batu ginjal, meta-analisis ini tidak menemukan hubungan seperti itu.

Christensen mencatat bahwa minum air lemon dapat memperburuk gejala bagi orang yang menderita masalah kandung kemih tertentu.

"Bagi mereka dengan sistitis interstisial (sering disebut sindrom kandung kemih yang menyakitkan), jika ada gejala, air lemon mungkin bukan ide terbaik untuk semua orang," kata Christensen.

Lemon dan jus jeruk lainnya, kopi, teh, alkohol, dan beberapa makanan adalah pemicu iritasi kandung kemih. Namun, secara umum, air lemon adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh.

"Jika air lemon adalah minum air dengan cara yang lebih menyenangkan, lakukanlah!" kata Christensen.

SUMBER: EATTHIS.COM | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa