Light Dark

4 Manfaat Mengonsumsi Gandum untuk Kesehatan Tubuh

Sehat | 26 May 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi Manfaat Mengonsumsi Gandum untuk Kesehatan Tubuh | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti yang sudah diketahui Gandum merupakan salah satu makanan pokoknya yang banyak di konsumsi orang. 

Gandum juga biasanya dijadikan sebagai bahan makanan orang yang sedang melakukan program diet, hal tersebut dikarenakan Gandum memiliki nutrisi penting yang dapat menjaga Kesehatan saluran pencernaan.


Advertisement

Namun selain manfaat itu, tanaman yang merupakan jenis rumput (Triticum) yang dikenal sebagai sumber utama pati dan energi juga menyediakan sejumlah komponen nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Melansir dari tempo.co, inilah empat manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh yang seharusnya kamu tahu.

Baca Juga :


Advertisement

1. Dapat mengontrol Berat Badan dan Menjadi Sumber Energi untuk Tubuh

photoIlustrasi Mengontrol Berat Badan - (Pexels.com)

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik dengan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. 

Dilansir dari webmd.com, kandungan karbohidrat dalam Gandum berfungsi sebagai sumber energi. Tubuh memecah pati dan gula dalam karbohidrat menjadi glukosa (gula darah). 

Selain itu, Gandum dapat mengontrol berat badan karena kandungan serat tinggi yang  membantu Tubuh merasa lebih cepat kenyang. 

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

photoIlustrasi Metabolisme Buruk dapat Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular - (Freepik)

Sindrom metabolik dapat terjadi ketika metabolisme Tubuh tidak berfungsi secara optimal. Ciri metabolisme Tubuh yang terganggu diantaranya trigliserida tinggi, darah tinggi, dan kadar kolesterol baik (HDL) rendah. Kondisi ini bisa memicu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Melansir dari lybrate.com, hal inilah yang menyebabkan dokter menyarankan memasukkan biji-bijian, seperti Gandum dalam menu makanan. 

Gandum bisa meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan, yang berdampak pada sistem metabolisme Tubuh yang sehat.

3. Mencegah Obesitas

photoIlustrasi Obesitas - (Freepik)

Gandum, yang bersifat mengenyangkan membantu mencegah Tubuh menyimpan lemak terlalu banyak penyebab obesitas. 

Dilansir dari organicfacts.net, konsumsi produk Gandum secara teratur dapat membantu penderita obesitas mencegah kenaikan berat badan yang berlebih.

4. Mencegah Risiko Terkena Penyakit Diabetes Tipe 2

photoIlustrasi Kadar Gula Tinggi - (Freepik)

Salah satu nutrisi yang banyak ditemukan dalam Gandum adalah magnesium. Jenis mineral ini dapat mempengaruhi cara Tubuh menggunakan insulin dan mengeluarkan glukosa. 

Konsumsi Gandum utuh secara teratur membantu mengontrol gula dalam darah tubuh, khususnya bagi para penderita diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, Gandum bisa digunakan untuk pengganti nasi sebagai makanan pokok yang membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula dengan mudah.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | NAOMY A. NUGRAHENI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah