Kenapa ke Dewi Sartika? Emak-emak Sukabumi Beri Solusi Lain Soal PKL Dago

Senin 16 Mei 2022, 17:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemindahan kurang lebih 80 PKL (pedagang kaki lima) kuliner dari kawasan Dago ke jalan Dewi Sartika Kota Sukabumi dapat sorotan dari kalangan emak-emak. Bukan tidak mendukung kebijakan pemerintah daerah, emak yang satu ini menilai lokasi relokasi kurang tepat, dan memberikan solusi langsung kepada Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

E.Noviyanti melalui story di akun instagramnya mengkritisi kebijakan pemerintah daerah memindahkan puluhan PKL Dago ke jalan Dewi Sartika belakang kantor pemda atau Balai Kota. Karena jalan Dewi Sartika dianggap terlalu kecil untuk menampung para PKL tersebut,gerobak pedagang makanan dan minuman ini memenuhi badan kanan kiri jalan, hingga ke depan SDN Dewi Sartika.

"Duh pak @achmadfahmi.smi menurut saya ini kurang bijak mindahin pedagang dago ke jalan Dewi Sartika. udah mah jalannya kecil menih pas depan sekolah banget, nggak dipikirkan kah dampaknya buat siswa, saya selaku orang tua siswa sangatlah keberatan," tulis E.Noviyanti di stori yang langsung memberi tag ke akun instagram Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Tak cuma mengkritik pemindahan PKL yang dirasa kurang pas ke jalan Dewi Sartika. Ia juga memberikan solusi lain yang bisa dicoba oleh pemerintah daerah kota sukabumi, soal PKL Dago

photoKritik dan solusi dari emak-emak Sukabumi soal relokasi PKL dago ke jalan Dewi Sartika - (story instagram)</span

E.Noviyanti menilai PKL dago yang notabene penjual makanan dan minuman akan lebih pas jika dipindahkan dekat dengan lapang merdeka dan alun-alun Kota Sukabumi. Tentu buka di lapang merdeka atau di alun alunnya, tapi di Jalan Kaum Kota Sukabumi yang menghubungan dua kawasan tersebut.

"Kenapa nggak dipindah ke belakang lapdek depan liverpool. Jalan lega, org yg pada main ke lapdek alun-alun jadi gampang jajan," lanjut E.Noviyanti dalam stori instagramnya.

Redaksi sukabumiupdate.com, ngobrol lebih banyak dengan E.Noviyanti melalui aplikasi pesan medsos. 

"Iya puguh min meuni ga di pikirkan efek nya , ga ada tukang dagang aja udah pajuliwet macet lahan pun rebutan sm pegawai Pemda apalagi bejubel sm tukang dagang sudah wegah ngebayangin nya pun min," menjawab komentar admin sukabumiupdate.com, kebayang nanti pas rame nu anter jembut sekolah ya bu.

Baca Juga :

Saat Dago Kota Sukabumi Tanpa PKL, Fahmi: Bukan untuk Saya atau Anda

Ia pun meminta kritis dan solusinya disampaikan ke Wali Kota Sukabumi

"Semoga tersampaikan min ke pak wali , di video sebelum nya yg Mimin update beliau kan bilang di Dago pun alasan salah satu nya orang tua siswa banyak yg komplen nah kenapa g di pikirkan jg perasaan orang tua sd Dewi Sartika . Sama aja pasti keberatan, kalo di kaum kan sasaran nya tepat tuh para pengunjung lapdek alun alun pada gampang jadi nya kalo jajan," ungkap E.Noviyanti.

Baca Juga :

Redaksi sukabumiupdate.com masih berusaha mengkonfirmasi permintaan emak-emak ini soal relokasi PKL Dago. Namun dalam postingannya di media sosial (facebook), Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menyebut Dewi Sartika bisa jadi adalah lokasi sementara untuk PKL Dago setelah dipindah dari kawasan pedestrian jalan Ir H Djuanda.

"Sesuai dgn permintaan pihak PKL, juga hasil musyawarah, untuk sementara waktu para PKL dipersilakan berjualan di ruas jalan Dewi Sartika (belakang Pemda) dan apabila ada hal yg lebih penting terkait dgn penataan kawasan, akan sangat mungkin para pedagang tersebut akan kami upayakan untuk pindah dan menempati lokasi yg lebih layak," tulis Fahmi di akun facebooknya, Senin, 16 Mei 2022.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi