Menu

10 Jul 2020, 16:33 WIB

Main Sepuasnya di Curug Cikukulu Ciracap Sukabumi, Cukup Bayar Parkir Seikhlasnya

Curug Cikukulu di Kampung Ciguha, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi memiliki berbagai pilihan objek wisata dari mulai pegunungan, pantai, curug atau air terjun hingga sungai yang membuat setiap wisatawan takjub akan pesonanya.

Soal biaya tak mesti khawatir, selain bisa menikmati keindahan alamnya kerap kali tempat wisata di Kabupaten Sukabumi dapat dijangkau dengan biaya yang murah meriah. Seperti Curug Cikukulu di Kampung Ciguha, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Seru! Berburu Ikan dan Udang di Curug Cikurutug Sukabumi

Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati kesejukan aliran air Sungai Cikarang dan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun yang ditanami tumbuhan hortikultura. Luas kebun holtikultura itu mencapai 6 hektar. 

Pengelola Agrowisata Cikukulu, Ade RBC mengatakan di Sungai Cikarang, pengunjung dapat berenang dan bermain di bawah Curug Cikukulu yang memiliki ketinggian 35 meter. Yang pasti sejuk.

"Kedalaman sungai dibawah curug bervariasi dari 50 centimeter hingga satu meter, jadi aman bagi pengunjung untuk bermain air," jelasnya.

BACA JUGA: Pemandangan Memikat Mata dari Tangga Curug Cihideung Desa Sindangraja Sukabumi

Yang namanya tempat wisata tak bisa terpisahkan dari kuliner. Di tempat ini pun sama, pengunjung bisa menikmati sajian nasi liwet, istimewanya sayuran serta bumbu dapurnya ini dihasilkan dari kebun holtikultura. 

Sebab di kebun tersebut ditanam berbagai sayuran juga buah-buahan. Untuk tarif masuk, jangan khawatir. Pengelola hanya meminta uang parkir itu pun bayar seiklasnya.

Pemandangan aliran Sungai Cikarang dan Curug Cikukulu di Kampung Ciguha, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Akses menuju lokasi Agrowisata Cikukulu patokannya dari Kantor Kecamatan Ciracap. Dari kantor pemerintahan tersebut ke Agrowisata Cikukulu jaraknya kurang lebih 1, 5 kilometer.

BACA JUGA: Kembangkan Wisata Alam Curug Cihideung Sindangraja Sukabumi, KKM STISIP Lakukan Penataan

"Kendaraan roda dua bisa langsung ke lokasi adapun kendaraan roda empat parkir di dekat pemukiman warga Kampung Ciguha," kata Kepala Desa Ciracap, Ibrohim, menambahkan. 

Untuk kondisi jalan dari Kampung Ciguha, kata Ibrohim, melewati jalan makadam dan sisanya masih tanah. "Akses jalan menuju lokasi berupa pengerasan dari program P3K Ciracap, dan sebagian masih tanah. 

Adapun fasilitas yang sudah tersedia MCK dan sawung. Untuk kedepannya Pemdes bersama Muspika Ciracap akan melakukan penataan kembali.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

SUKABUMIUPDATE.com - Platform media sosial Facebook memiliki standar komunitas yang ketat. Kendati ada kebebasan berbicara sebagai konsekuensi demokrasi. Standar komunitas ini juga menyeleksi berita-berita yang diunggah pengguna di Facebook. Melansir...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya