Menu

Minggu, 05 Mei 2019, 14:47 WIB

Situ Zen, Objek Wisata Baru di Caringin Sukabumi yang Cocok Sebagai Tempat Ngabuburit

Situ Zen di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Muhammad Gumilang

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata di Kabupaten Sukabumi tak hanya pantai saja karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Yang terbaru adalah Situ Zen di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Situ Zen ini baru dibuka Sabtu (4/5/2019), kendati demikian pengunjungnya sudah mencapai 500 orang. Objek wisata ini berupa situ yang memiliki luas kurang lebih 1,5 hektare. Di situ ini pengunjung bisa naik perahu dan bisa juga memancing. Saat ini, objek wisata ini masih gratis.

BACA JUGA: Situ Bagendit Bakal Jadi Objek Wisata Dunia, Tilik Perencanaannya

Tempatnya nyaman dan asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh mengelilingi situ. Cocok sebagai tempat ngabuburit atau menunggu waktu magrib saat bulan Ramadan. 

"Baru aja kemarin dibukanya, itupun cuman syukuran jelang bulan puasa kan, acara warga-warga aja. Kalau launching besar atau resminya mah nanti targetnya habis lebaran mudah-mudahan terealisasi, karena masih ada fasilitas yang belum dirampungkan juga," ujar salah satu pengelola Situ Zen, Syamsul Munawar, kepada sukabumiupdate.com, Minggu (5/5/2019).

BACA JUGA: Dulu Tempat Sampah, Eloknya Situ Kubang di Desa Citarik Palabuhanratu

Situ Zen mudah dijangkau, dari jalan raya Cikukulu, ke arah terminal Caringin lalu ambil belok kanan ke arah situ Desa Sukamulya, sekitar 7 KM dari jalan raya Cikukulu. Situ Zen berada di lingkungan pesantren Al-Bukhori, Cisitu, Sukamulya, Kabupaten Sukabumi.

"Ke lokasi Situ Zen bisa pakai roda dua atau empat, cuman untuk sementara ini sekitar 300 meter menuju lokasi jalannya masih berupa jalan tanah, tapi mudah-mudahan sehabis lebaran nanti sudah bisa ada jalan aspal," imbuhnya.

BACA JUGA: Bosan Liburan Monoton? Coba ke Situ Cibanteng Surade Sukabumi

Lebih lanjut, Syamsul mengungkapkan nama Situ Zen sendiri diambil dari nama salah satu tokoh masyarakat setempat yang bernama KH Zaenuddin yang kini sudah meninggal. 

Adapun luas area keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 2 hektare yang nantinya ditempat ini akan dibangun berbagai wahana seperti flying fox, wahana air, outbond, permainan anak, pemancingan dan camping ground.

BACA JUGA: Libur Akhir Pekan, Yuk ke Situ Cukang Paku Pabuaran Sukabumi

"Kita juga rencananya nanti akan ada kayak little farm gitu buat sisi edukasinya, nanti anak-anak sekolah bisa belajar tentang pertanian dan perkebunan juga," paparnya.

Ia menambahkan, Situ Zen ini sejatinya adalah embung (penampungan air) untuk pertanian dan perkebunan.

"Jadi, ketika musim kemarau datang, dengan adanya embung yang berasal dari Situ Zen itu dapat menjadi stok air bagi para petani," ujarnya.

BACA JUGA: Situ Dewa Dewi Cipiit, Tempat Cocok Untuk Bersantai Habiskan Akhir Pekan di Sukabumi

Situ Zen sendiri dikelola oleh warga setempat terutama para pemuda. Santri dari pesantren Al-Bukhori juga ikut dilibatkan mengelola destinasi wisata tersebut. Harapannya, Situ Zen ini juga akan turut menggenjot perkonomian warga masyarakat setempat.

"Situ Zen merupakan salah satu destinasi wisata baru yang memang patut dicoba. Di sini bisa menikmati alamnya, udara yang sejuk dan pemandangan indah bersama dengan keluarga, anak-anak," pungkasnya.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Berkah Ramadan sudah dirasakan Ipah (62 tahun), pedagang daging sapi segar di Jalan Pelabuhan II KM 4,3, Cipanengah, Lembursitu, Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2019). Lapak daging sapi yang berada...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Museum Kipahare Sukabumi, Sandi. S. Wijaya mengharapkan, acara tahunan upacara sedekah bumi dapat masuk ke dalam event Pemerintah Kota Sukabumi. BACA JUGA: Kemeriahan Sedekah Bumi dan Ngarak Dongdang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya