Menu

Minggu, 10 Maret 2019, 07:00 WIB

Bosan Liburan Monoton? Coba ke Situ Cibanteng Surade Sukabumi

Lokasi Situ Cibanteng di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang nampak masih asri dan sejuk. | Sumber Foto:Demmi Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Bosan dengan tempat liburan yang ramai, penuh sesak dan monoton? Mungkin liburan ke Situ Cibanteng bisa jadi pilihan. Tempatnya di Kampung Cibanteng, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Danau alami seluas satu hektare itu ada di sebelah timur Pantai Minajaya, Kabupaten Sukabumi.

Airnya sangat jernih dan dikelilingi pepohonan rindang. Keramahan penduduk desa di sekitar Situ Cibanteng akan membuat siapaun yang berkunjung bertambah betah. Meski belum banyak diketahui, danau ini sudah biasa dijadikan tempat berenang anak-anak perkampungan sekitar.

BACA JUGA: Muara Indah Cikaso Tegal Buleud Sukabumi, Sunsetnya Tak Terlupakan

Kepala Dusun Cimandala, Kampung Cibanteng, Irpan (35 tahun) mengatakan, Situ Cibanteng sudah ada sejak dulu dan menjadi sumber pengairan pertanian masyarakat sekitar yang mayoritas petani. Namun seiring waktu, Situ Cibanteng ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat memancing ikan dan berenang anak anak disekitarnya.

"Jika hari libur, banyak sekali yang memancing ikan di sini. Dan bahkan ada yang hanya sekedar bermain," ungkap Irpan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/3/2019).

Sebagai pemerintah setempat, Irpan berpesan bagi para pengunjung dan warga di sekitarnya untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian Situ Cibanteng ini. Karena selain untuk pertanian, Situ Cibanteng ini juga tak jarang dimanfaatkan sebagai sumber air minum bagi masyarakat sekitar.

"Situ Cibanteng ini dari dulu tidak pernah kering. Oleh karena itu, tempat ini menjadi sumber kehidupan warga. Namun kami tidak pernah melarang siapapun untuk berkunjung, hanya jangan membuang sampah sembarangan, dan mengikuti norma adat yang berlaku disini," pungkasnya.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor terjadi di Kampung Cimanggu 01/06 Desa Cihelang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya sawah, kolam ikan tergerus tanah dan tujuh rumah terancam longsor. Longsor yang terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, bersama PT Wilton Wahana Indonesia melakukan audiensi terkait dengan keberadaan jalan provinsi dan kabupaten, yang kerap kali dilewati oleh truk...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya