Menu

13 Sep 2020, 14:07 WIB

Tak Sekedar Teman Nasi, Kerupuk Telur Asin Dari Ciburahol Sukabumi Ini Patut Dicoba!

Tampilan kerupuk telor asin setelah digoreng | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com – Baru satu bulan diproduksi massal, kerupuk telur asin buatan warga Sukabumi ini sudah diburu penggemar kriuk-kriuk. Patut dicoba karena kerupuk ini tak hanya bentuknya mirip potongan telur asin tapi juga dibuat dengan bahan baku utama ya telur asin.

Pembuat kerupuk unik dan super renyah ini adalah, Eneng Mulyani (33 tahun) warga Kampung Ciburahol RT 27/06  Desa Panumbangan, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.  "Kami buat kerupuk telur ikan asin baru satu bulan," kata Eneng Mulyani (33 tahun) kepada Sukabjmiupdate.com Minggu (13/9/2020).

BACA JUGA: Sale Asap, Camilan dari Pisang Khas Warga Jampang Tengah Sukabumi

Alhamdulilah, sambung Eneng sambutan pecinta kerupuk membuatnya  tambah semangat. Ia pun siap berbagi informasi soal cara dan bahan baku kerupuk telur asin ini, simak ya!

Proses pembuatan krupuk tersebut bahan bahannya antara lain telur asin baik putihnya maupun kuning telurnya, tepung kanji, bawang putih, bumbu rempah, penyedap rasa.

Kerupuk telor asin yang sudah dikemar, tinggal digoreng

"Proses awal dibuat adonan putih, bumbu dan putih telur asin diulek halus lalu dicapur ke adonan tepung kanji dan beri air secukupnya," jelasnya.

Begitupun dengan kuning telurnya dibuat adonan, lanjut Eneng, selesai membuat adonan lalu dibuat gulungan dan dicetak dengan bentuk mirip potongan telur asin, putih dan kuning ditengah. Barulah dikukus selama 2 jam, selanjutnya  dijemur hingga kering biasanya sampai 2 hari.

BACA JUGA:  Terasi Ikan Tembang, Bumbu Masak dari Ciracap Sukabumi Tanpa Bahan Pengawet

"Setelah kering barulah dikemas dan dipasarkan secara mentah, untuk diolahnya digoreng," bebernya.

Menurut Eneng, pemasarannya baru lokalan, kalaupun ada dijual keluar daerah ya ke wilayah lainnya di Sukabumi dan Purwakarta. "Harga per kilogramnya Rp. 60 ribu," pungkasnya. Tertarik, datang saja langsung ke lokasi pembuatannya di warga Kampung Ciburahol RT 27/06  Desa Panumbangan, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati memandang perlu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah lebih progresif, termasuk mengatur pula...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri alias hubungan inses yang terjadi di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tes usap massal diprioritaskan untuk daerah-daerah dengan risiko penularan yang tinggi. Hal ini disampaikan Doni menjawab desakan agar pemerintah melakukan 3T,...

SUKABUMIUPDATE.com - Penetapan dan pengambilan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi melahirkan euforia. Nomor urut pasangan calon dikapitalisasi dalam berbagai sudut pandang, bahkan sampai pada pendekatan mistik. Pasangan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya