Menu

25 Jul 2020, 10:05 WIB

Terasi Ikan Tembang, Bumbu Masak dari Ciracap Sukabumi Tanpa Bahan Pengawet

Terasi ikan tembang, racikan warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan tembang kecil hasil tangkapan nelayan Sukabumi ternyata tak hanya lezat ketika diolah menjadi menu makanan saja. Sebab tembang kecil ini juga bisa dibuat bumbu masak, tepatnya terasi ikan.

Warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, sudah biasa membuatnya dan untuk membuat terasi ini cukup sederhana kemudian bahan yang dibutuhkan bisa dengan mudah didapatkan. Satu lagi, tentunya tanpa bahan pengawet.

BACA JUGA: Nelayan Panen Ikan Tembang Kecil, Ini Resep Pindang Ala Pesisir Sukabumi

"Cara pengolahannya, pertama ikan tembang kecil tersebut dijemur selama satu hari," kata Umi Uwoh (55 tahun) warga Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (25/7/2020).

Umi Uwoh mengingatkan, yang perlu diperhatikan saat menjemur ikan tembang yaitu ikan jangan terlalu kering. Sebab kalau ikan terlalu kering maka akan sulit ditumbuk.

BACA JUGA: Ikan Tembang, Alasan Nelayan Palabuhanratu Melaut di Tengah Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Setelah dijemur barulah ikan tembang ditumbuk halus dan siapkan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah. Bumbu tadi digoreng dulu kemudian diulek halus bersama ketumbar kunyit dan lengkuas yang sudah diparut, gula merah secukupnya dan sedikit garam.

Bahan yang sudah diulek tadi kemudian campurkan dengan ikan tembang kecil yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur rata, maka adonan terasi ikan tembang sudah siap.

Proses selanjutnya cetak dan potong-potong sesuai keinginan. Potongan tersebut selanjutnya di jemur. "Untuk penjemuran paling satu hari, dan siap diolah kembali, mau dijadikan sambal ataupun digoreng," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Video prakirawati cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang pekan ini viral karena menjadi korban pelecehan seksual secara verbal di Twitter kini hilang. Diduga BMKG telah menghapus...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya