Ikan Asin dan Dendeng Layur Ujung Genteng Dijamin Bikin Makan Kamu Makin Berselera

Sabtu 10 Agustus 2019, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bosan dengan menu lauk yang itu-itu saja? coba hidangan ikan laut yang satu ini ikan asin dan dendeng layur produk 4 Pilar. Ikan Asin dan dendeng yang diproduksi di Kampung Cipaku, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ini diolah dengan cara tradisional dan tanpa formalin.

"Dendeng dan asin ikan layur diproses tanpa memakai bahan pengawet, "kata Heni Haryanti, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (7/8/2019).

BACA JUGA: Pepes Ikan Teri dari Palabuhanratu, Cocoknya Dipanggang Pakai Bara Api

Heni merupakan salah satu yang memproduksi ikan asin dan dendeng ini. Selain Heni, produksi dilakukan oleh Ende Yanti. Kemudian pemasaran oleh Yullia Rahman dan Lia Andraeni. Usaha yang dilakoni empat orang ibu ini sudah berjalan hampir dua tahun. 

Lebih lanjut, Heni menjelaskan proses pembuatan ikan asin dan dendeng tersebut. Langkah pertama ikan layur dibersihkan dulu terutama dalamannya. Setelah benar-benar bersih, direndam beberapa menit dengan air dingin, agar tetap ikan layur segar.

Setelah itu siapkan adonan bumbu, gula merah, ketumbar dan lengkuas. "Kalau 10 kilogram ikan layur, gula merah satu kilogram, ketumbar 1/2 kilogram dan lengkuas 1/2 kilogram," jelasnya.

Proses selanjutnya ikan layur yang sudah dicuci, direndam dengan adonan bumbu, selama satu malam, agar bumbunya meresap paginya baru dijemur. "Kalau cuaca lagi bagus, dua hari bisa kering," tandasnya.

BACA JUGA: Ikan Asin Jambal, Penganan Khas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Ikan asin dan dendeng ini dapat bisa dimasak dengan berbagai cara. Dijamin sedap. "Cara masaknya tergantung selera mau dibakar atau digoreng, pasti lezat, jangan lupa makannya hangat hangat campur sambal dan lalaban," pungkasnya.

Selain dijual langsung, pemasaran ikan asin dan dendeng ini dilakukan secara online. Sehingga pemasarannya bisa menjangkau hingga luar Sukabumi seperti Makassar, Jambi, Bekasi, Jakarta, Bogor, Depok, Pekanbaru, Banten, Boyolali dan Banyuwangi. Soal harga, jangan khawatir karena begitu terjangkau per pieces Rp 20 ribu dan harga per kilogram Rp 120 ribu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)