Menu

Minggu, 21 Juli 2019, 13:03 WIB

Pepes Ikan Teri dari Palabuhanratu, Cocoknya Dipanggang Pakai Bara Api

Pepes ikan teri basah buatan keluarga nelayan Palabuhanratu. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Perairan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi memang terkenal dengan hasil ikan yang melimpah dan bermacam macam. Ikan yang melimpah membuat olahan kuliner juga semakin beragam.

BACA JUGA: Pepes Jamur Kolangkaling Cikarang Jampang Kulon, Pernah Nyoba Belum?

Seperti olahan ikan teri. Ikan berukuran kecil ini biasanya kita temui sudah menjadi ikan asin. Namun ternyata ikan ini bisa dimasak dengan cara dipepes.

"Pepes ikan teri ini lebih enak disajikan saat ikannya masih segar," kata Dedeh (34 tahun) warga Panyairan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Minggu (21/7/2019).

Di jelaskan Dedeh, proses memasak dan pembuatan pepes ikan teri sama dengan membuat pepes pada umumnya seperti pepes ikan mas dan ikan lainnya. Yakni dibalut daun pisang serta ditambah bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah dan rempah-rempah lainnya yang sudah dihaluskan.

"Teri basah yang masih segar campur dengan bumbu dibungkus dengan daun pisang. Kemudian pangggang di atas bara api," jelasnya.

BACA JUGA: Mancing di Ujunggenteng Strike Ikan Gelang Jeruk, Simak Cara Memasaknya!

Masih kata Dedeh, untuk menciptakan aroma harum khas pepes ikan teri, bisa ditambahkan daun salam beberapa lembar dan daun kemangi.

"Pepes Ikan Teri basah ini sangat enak dinikmati dalm kondisi hangat bersama dengan nasi putih. Dijamin enak dan mantap ditambah lalapan," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam waktu dekat ini di Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, bakal dibangun dermaga pengumpan lokal untuk menghubungkan transportasi laut di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Kepala Bidang Perhubungan Laut...

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang menarik dalam pemilihan Ketua RW 10 Kampung Kutamekar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/7/2019). Dalam pemilihan Ketua RW untuk periode 2019-2022 itu, panitian...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Jajaway Palabuhanratu, tepatnya depat Satpas Polres Sukabumi, Rabu (7/2/2018). Sebuah bus operasional Indonesia Power dihantam motor yang dikendarai Ujang Badri (17...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya