Menu

Minggu, 14 Juli 2019, 11:00 WIB

Mancing di Ujunggenteng Strike Ikan Gelang Jeruk, Simak Cara Memasaknya!

Ikan gelang jeruk dalam proses bakar sebelum disantap. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Selain keindahannya, Pantai Ujunggenteng di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pesisir yang nikmat. Disini banyak biota laut, khususnya ikan karang yang bisa dipancing dengan mudah, seperti jenis ikan Gelang Jeruk, yang sudah sangat populer dikalangan warga pesisir, nelayan, terutama para penggemar mancing mania.

"Namanya Ikan Gelang Jeruk, salah satu dari sekian banyak jenis ikan yang hidup di areal batu karang," ucap ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep Jeka, kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (13/7/2019).

BACA JUGA: Wisata Mancing di Palabuhanratu, Bisa Ketemu Lumba-lumba Lho!

Ikan ini, lanjut Asep, hanya bisa didapat dengan memancing atau pakai busur panah sambil menyelam.Ukuran dan beratnya relatif, mulai sebesar dua jari tangan hingga ada yang mencapai sebesar kepal tangan dengan berat 1 hingga 2 kilogram.

Nelayan memanfaatkan olahan ikan gelang jeruk untuk makan bersama. | Sumber Foto: Ragil Gilang

Asep Jaka memberi tips, ikan Gelang Jeruk paling cocok diolah dengan cara dibakar dan dipepes, untuk acara botraman (makan bersama) dadakan di pantai makan direkomendasikan dibakar saja karena lebih simpel. “Sebelum dibakar, dibersihkan dulu dalamannya dibuang, tubuh ikan diiris, lalu dibakar.

BACA JUGA: Berwisata Sambil Salurkan Hobi, Ini Dia Spot Mancing Asyik di Sukabumi

“Dibakar selama 10 menit lalu  dikasih olesan minyak atau margarin yang sudah dicampur bumbu, sesudah matang sekitar 20 - 25 menit baru diangkat," tambahnya.

Asep mengingatkan untuk teman santapnya jangan lupa bikin sambel dadakan. "Bisa sambel kecap, atau sambel jahe pakai jeruk nipis, lebih nikmat dengan nasi liwet,” pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya