Marwan Hamami Beberkan Keberhasilan Sepanjang Menjabat Bupati Sukabumi

Senin 05 Oktober 2020, 07:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten terluas kedua di pulau Jawa tentunya memiliki segudang permasalahan infrastruktur. Dengan luas wilayah 4.145,70 km persegi yang dihuni 2.523.992 jiwa, dengan sebaran penduduk mencapai 609 jiwa per kilometer persegi, Pemkab Sukabumi membawahi 47 Kecamatan, 381 Desa dan 5 Kelurahan. 

Dalam kurun waktu lima tahun terhitung dari tahun 2016 hingga 2020, Kabupaten Sukabumi memiliki peningkatan pencapaian pembangunan di bawah pemerintahan Marwan Hamami

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bappeda dan Humas Pemerintah Kabupaten Sukabumi, pencapaian 86 program pembangunan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021 memiliki kenaikan dalam Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sampai tahun 2019  sebesar 2,21 persen.

BACA JUGA: Marwan - Iyos Dapat Dukungan Senior PP, Drajat Sayoeti: Kader Tidak Searah Ganti!

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2019 Mencapai Angka 66.87 Poin. Selanjutnya untuk tingkat kemiskinan menurun sampai angka 6,22 persen di tahun 2019, lebih rendah dari Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

Selain itu peningkatan pembangunan jalan sejak tahun 2016 sampai 2019, juga berhasil dintervensi sebanyak 1.332,67 km jalan Kabupaten dan berhasil meningkatkan kemantapan jalan dari 51,11 persen (tahun 2016) menjadi 61,13 persen pada tahun 2019. Hasil capaian ini jauh melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar 54,85 persen.

Selanjutnya dalam bidang Penangangan Rumah Tidak Layak Huni yang sudah terintervensi Sebanyak 22.804 RTLH, termasuk 1.600 unit di tahun 2020 dari APBD melalui Program Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) yang telah di anggarkan secara rutin senilai Rp 45 miliar per tahun. 

BACA JUGA: Ke Relawan, Calon Bupati Sukabumi Marwan Hamami Minta Gerakan Nyata Bukan Retorika

Sementara itu untuk anggaran Dana Desa yang sudah terealisasi antara lain 2.303 km Jalan Desa, 2.850 meter Jembatan, 12 unit Pasar Desa, 3 unit Bumdes, 2 unit Embung, 206 unit Irigasi, 3 unit Sarana Olahraga, 35.155 unit TPT, 397 unit air bersih, 846 unit MCK, 89 unit Polindes, 40 km Drainase, 521 unit Paud, 510 unit Posyandu, 32 unit Sumur BOR.

Marwan Hamami berpesan pada masyarakat untuk dapat menikmati hasil pembangunan dan mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Sukabumi dengan melanjutkan kebaikan demi terciptanya Sukabumi yang religius, maju, inovatif, sejahtera lahir dan bathin.

Terkait bidang pendidikan Marwan Hamami menyampaikan di masa pemerintahannya ia telah membangun ruang kelas, baik untuk tingkat SD maupun tingkat SMP. "Bangunan untuk SD dan SMP terus semakin membaik. kondisi ruang kelas SD yang baik telah mencapai 73.92 persen, sedangkan ruang kelas SMP yang baik telah baik mencapai 79.69 persen," ungkapnya.

BACA JUGA: Pilkada Sukabumi, Marwan: Visi Misi Kami 75 Persen Harapan Kiai dan Ulama

Sementara itu terkait kesehatan, Marwan menyampaikan bahwa selama menjabat Bupati Sukabumi ia berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sukabumi salah satunya dengan pembangunan RSUD Sagaranten.

"Ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di wilayah Sagaranten dan sekitarnya termasuk wilayah Cianjur, sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit," sambungnya.

Untuk kegiatan Proyek Strategis yang telah dijalankan di tahun 2020 H.Marwan Hamami menyampaikan kegiatan diantaranya Pembangunan jembatan Cibuni yang sudah terbengkalai selama 37 tahun.

"Kita dorong persiapan Pemekaran Kabupaten Sukabumi salah satunya Penataan lapang Cangehgar dan pembangunan komplek perkantoran Cangehgar, selain itu Peningkatan dan pemeliharaan jalan akses perekonomian masyarakat dan Peningkatan serta pemeliharaan irigasi pendukung perekonomian masyarakat dan ketahanan pangan," jelasnya.

BACA JUGA: Kunjungi Cireunghas Sukabumi, Marwan Dukung Program Bank Sampah

Untuk beberapa program pembangunan yang telah direncanakan di tahun 2020 perlu dilakukan beberapa penyesuaian di tahun 2021 dalam rangka pemulihan ekonomi pasca covid-19 serta pengoptimalan sektor pariwisata terutama di kawasan CPUGG, yaitu dengan pengembangan dan penataan sarana dan prasarana dibeberapa objek wisata.

Dalam masa pemerintahan Marwan Hamami, Kabupaten Sukabumi tercatat telah meraih 161 penghargaan bergengsi dan merupakan bukti kinerja Marwan Hamami yang harus diapresiasi. Sementara dari hasil evaluasi terhadap data indikator makro pembangunan Kabupaten Sukabumi secara umum.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)