Menu

22 Nov 2019, 19:00 WIB

Pilkada Sukabumi Berpotensi Munculkan Tiga Poros, Asep Deni: Efek Prabowo Pindah Haluan

Pengamat politik Sukabumi, Asep Deni. | Sumber Foto:Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com - Pengamat politik Sukabumi, Asep Deni mengatakan, konstelasi politik nasional dimana sosok Prabowo Subianto yang berpindah haluan dan masuk ke dalam pemerintahan Joko Widodo, akan mengubah pola suara untuk Gerindra dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 mendatang.

"Sangat mungkin terjadi pergeseran pilihan politik pemilih, selain faktor partai. Hal itu juga akan tergantung kepada calon yang nanti diusung," ucap Asep Deni kepada sukabumiupdate.com, Jumat (22/11/2019).

BACA JUGA: Pilkada Kabupaten Sukabumi, Partai Demokrat Segera Buka Penjaringan

Asep menilai, bukan hal yang tidak mungkin bila suara Prabowo-Sandi dalam Pilpres lalu, akan bergeser ke PKS, mengingat langkah politik Prabowo yang merapat ke pemerintahan. Hal itu ditambah dengan jumlah tujuh kursi PKS di DPRD Kabupaten Sukabumi.

"Saat Pak Prabowo masuk ke pemerintahan Jokowi, ini akan ada perubahan dari sisi pada pola suara masyarakat, akan terdistribusi, tidak ada jaminan untuk Gerindra memiliki suara yang bagus," tambahnya.

BACA JUGA: Ijtihad Politik Jelang Pilkada Sukabumi 2020, Tomi: PPP Mesra dengan PKS

Sehingga, lanjut Asep Deni, situasi tersebut akan berpeluang untuk melahirkan tiga poros kuat dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi di 2020 mendatang.

"Ada kemungkinan menjadi tiga poros, karena PKS telah menyatakan sikap untuk mengusung Bupati. Selanjutnya adalah Poros Golkar bersama Marwan, lalu poros Gerindra yang belum tahu siapa, tapi sosok Adjo dapat menjadi pilihan," pungkasnya.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras mengakibatkan Sungai Cikaso, tepatnya di perbatasan Desa Cibitung Kecamatan Cibitung dan Desa Sumberjaya Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi meluap pada Selasa (22/9/2020). Luapan Sungai Cikaso mulai diketahui...

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan bagi korban bencana banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, mulai berdatangan. Salah satunya dari Rumah Aspirasi Heri Gunawan yang menyumbangkan kebutuhan pokok...

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Kejaksaan Negeri Cianjur dan Polres Cianjur turun tangan melakukan penyelidikan ke lokasi Kampung Margaluyu, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Selasa (22/9/2020). Aparat penegak hukum turun untuk memastikan...

SUKABUMIUPDATE.com – Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Sukabumi per hari ini, Selasa (22/9/2020) melonjak dratis. Ada 12 penambahan kasus, dengan beragam dugaan riwayat terpapar, dari tenaga kesehatan hingga...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya