Menu

Kamis, 25 April 2019, 08:53 WIB

Kuasai Kabupaten Sukabumi, Gerindra Siap Ambil Alih Kursi Ketua DPRD

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Gerindra berpeluang mengambil alih 'jatah' kursi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi. Partai tersebut mendapat raihan suara paling tinggi.

Berdasarkan data yang diolah dari model DA.1 dari setiap kecamatan, Gerindra mendapat 254.632 suara (19,8 persen). Dengan raihan suara tersebut, Gerindra punya jatah kursi paling banyak.  Yakni 9 kursi.

Berbanding terbalik dengan Gerindra, Partai Golkar justru kehilangan satu kursi. Pada Pemilu 2019 ini, Golkar diperkirakan hanya mendapat 7 kursi.

BACA JUGA: Hebat! Gerindra Borong Tiga Kursi dari Dapil 3 Kabupaten Sukabumi

Berada di urutan kedua, Partai Golkar memperoleh 195.861 suara atau 15,2 persen dari total suara sah. Kursi yang didapat berasal dari seluruh daerah pemilihan. Termasuk dua kursi dari Dapil 2.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menilai perolehan suara partainya juga dipengaruhi efek Pilpres. Ia memandang hal ini sebagai bentuk aspirasi masyarakat.

"Alasan mengapa suara Gerindra bisa mencapai angka demikian adalah karena memang ada efek besar dari Pilpres, dimana masyarakat pun menginginkan adanya perubahan", tutur Yudha.

Setelah Gerindra dan Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati urutan ke tiga dan empat. PKS mendapat 161.295 suara (12,5 persen) dan memperoleh 7 kursi. Sementara PDIP mendapat 134.277 suara (10,4 persen) dan 6 kursi.

BACA JUGA: Intip 9 Caleg Terpilih Dapil 2 Kabupaten Sukabumi, Benarkah Golkar Masih Dua Kursi?

Selain PDIP, dua partai lain juga memperoleh jumlah kursi yang sama yakni enam. Yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan suara 118.698 suara (9,2 persen) serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapat 94.186 suara (9,2 persen).

Selanjutnya Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing mendapat empat kursi. Demokrat meraih 95.204 suara (7,4 persen), dan PPP 80.032 suara (6,2 persen).

Satu kursi tersisa menjadi jatah untuk Partai NasDem. Satu-satunya kursi didapat NasDem dari Dapil 5. Partai ini mendapat 59.713 suara (4,6 persen).

Reporter : OKSA BACHTIAR
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi tetapkan lima orang tersangka dari penangkapan sebuah mobil ambulans yang kedapatan mengangkut batu yang digunakan perusuh usai demo menolak hasil pemilu di depan Bawaslu, Rabu dinihari 22...

SUKABUMIUPDATE.com - Musikus Ahmad Dhani dan Mulan Jameela gagal lolos pemilihan legislatif 2019. Suami istri itu maju sebagai calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Gerindra. Dhani maju dari daerah...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang ibu rumah tangga, Oo binti Adul (68 tahun) warga Kampung Gunungleutik Rt 06/04, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, tewas terbawa arus sungai Citarik, Kamis (25/4/2019). BACA...

SUKABUMIUPDATE.com - Tim teknis PT Glostar Indonesia (GSI) 1 Cikembar dengan Tim teknis PT Wirasena Cipta Reswara (WCR) bekerjasama mengantisipasi kembali terjadinya banjir dari proyek cut and fill Perumahan Sukabumi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya