Menu

Selasa, 16 April 2019, 15:36 WIB

Distribusi Logistik Pemilu 2019 di Simpenan Sukabumi, Rakit Motor Lintasi Medan Terjal

Distribusi logistik Pemilu 2019 di Kadusunan Ciangkrek, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Selasa (16/4/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Distribusi logistik masih dilakukan di berbagai penjuru Kabupaten Sukabumi pada H-1 jelang pencoblosan. Di Kecamatan Simpenan, para petugas harus memasuki kawasan pedalaman yang tak bisa diakses kendaraan roda empat. Bahkan ada pula yang tidak bisa diakses kendaraan roda dua, sehingga petugas harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

BACA JUGA: Lomba Selfie Berhadiah KPU Kabupaten Sukabumi, Tertarik Ikutan?

Kordinator Divisi Hubungan Antar Lembaga Panwascam Simpenan, Tateng Supriadi mengatakan, logistik di wilayahnya disebar di 179 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah DPT 38.895. Dari 179 TPS tersebut, beberapa diantaranya harus melewati medan terjal berkelok dan sulit diakses kendaraan.

"TPS 12 sampai 16 di kedusunan Ciangkrek, Desa Mekarasih, petugas KPPS membuat rangka dari bambu yang dipadukan dengan kendaraan roda dua untuk mengangkut logistik serta kotak suara. Juga ada yang harus dibawa dengan cara dipikul, karena sulitnya medan jalan untuk di lalui kendaraan bermotor. Ini menjadi tantangan tersendiri," ujar Tateng kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/4/2019).

Ia menyebut, distribusi logistik di wilayah Desa Mekarasih untuk ke TPS 14, 15 dan 16, petugas merakit bambu yang dipasang di motor supaya bisa mengangkut logistik. Sementara TPS 12 dan 13 harus dilanjut dengan cara dipikul karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

 "Tentunya aparat gabungan dari PPK Simpenan dan TNI-Polri, serta petugas penyelenggara pemilu PPK dan PPS memang harus berhati-hati karena sulitnya akses menuju TPS tersebut," pungkasnya.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Sukabumi Mulai Kirim Alat Perlengkapan TPS ke Kecamatan

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Pendindakan Pelanggaran Panwascam Simpenan, Satwansah menambahkan, proses distribusi logistik memerlukan perjuangan ekstra serta kehati-hatian agar logistik tiba di tempat tujuan dengan aman dan tepat waktu.

"Tentunya akan menguras tenaga karena membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1,5 jam menit menggunakan kendaraan roda yang sudah di rakit untuk sampai ke lokasi TPS yang jaraknya bisa sampai tujuh kilometer. Kalau turun hujan bisa sampai dua jam. Kalau jalannya beraspal bagus paling sekitar 45 menit dari Kantor Desa untuk sampai ke TPS tersebut," kata Satwansah.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - KPU Kabupaten Sukabumi musnahkan surat suara Pemilu 2019 yang dinyatakan rusak, Selasa (16/4/2019). Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor KPU Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Siliwangi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu hari jelang pelaksanaan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada hari Rabu (17/4/2019) esok, Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengaku terkendala saat membersihkan beberapa Alat Peraga Kampanye atau APK...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu hari jelang pelaksanaan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada hari Rabu (17/4/2019) esok, Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengaku terkendala saat membersihkan beberapa Alat Peraga Kampanye atau APK...

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Pemungutan Suara atau PPS Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi melintasi Sungai Cikaso menggunakan perahu saat melakukan distribusi logistik untuk Pemilu 2019. Proses distribusi dilakukan pada...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya