Menu

Selasa, 16 April 2019, 13:59 WIB

Unik! TPS 10 di Lengkong Sukabumi, Tampilkan Nuansa Sunda Layaknya Hajatan

Warga dan petugas TPS 10 Desa Cilangkap Kecamatan Lengkong mempersiapkan TPS terunik bertema adat sunda. | Sumber Foto:Demmi

SUKABUMIUPDATE.com - Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan besok, Rabu 17 April 2019, menjadi momen tersendiri bagi masyarakat di daerah Pajampangan, khususnya di Dapil V. Acara lima tahunan ini sangat ditunggu masyarakat, terlihat dari antusiasme warga di Dapil 5 Sukabumi. Bahkan biasa menyebutnya "Hajat Nagara" (Hajat Negara, red).

BACA JUGA: Panwascam Gunungguruh Sukabumi, Temukan Belasan Kotak Suara Rusak

Beberapa tempat pemilihan suara (TPS) pun dipersiapkan sebaik dan serapih mungkin. Salah satunya di TPS 10 Kampung Cingenca, Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong. 

Panitia TPS dan beberapa warga terlihat sibuk mendekorasi sebuah TPS layaknya gedung hajatan, tenda berukuran 7x9 meter yang mereka pakai untuk tempat pencoblosan dihias seperti dalam acara hajatan pernikahan.

Ketua TPS 10 Desa Cilangkap, Uce Usman (43 tahun) mengatakan, setiap tahun selalu mendapatkan juara TPS terbaik. Hal ini sudah dilakukannya selama tiga periode pemilihan umum.

"Tujuan kami mendekorasi TPS ini untuk menarik perhatian pemilih dan membuat mereka betah di TPS. Jadi mereka tidak merasa malas datang ke TPS," ungkap Uce kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/4/2019). 

Uce mengaku pendanaan untuk dekorasi ini di dapat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi. Namun sebagian dananya mereka peroleh dari swadaya masyarakat disekitarnya. 

BACA JUGA: Hal-hal yang Diperhatikan Sebelum Mencoblos di Pemilu 2019

"Jangan tanyakan apa yang sudah kita dapat dari pemerintah, tapi tanyakan apa yang sudah kita berikan bagi negara, itu moto TPS kami," paparnya. 

Tak hanya TPS yang didekorasi senyaman mungkin, para petugas KPPS pun akan menggunakan pakaian adat sunda, lengkap dengan iringan musik sunda.

"Kami menganggap ini sebagai hajat kita semua, selain properti dan pakaian adat yang sudah kami siapkan. Kami juga menyiapkan konsumsi bagi para pemilih," pungkasnya.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Nanas atau tumbuhan yang memiliki nama latin Ananas Comosus ini sangat identik dengan rasa asam. Namun tak demikian dengan Nanas yang ditanam seorang petani Muhtadi (50 tahun)...

SUKABUMIUPDATE.com - Jambu Kristal, salah satu buah yang sedang populer saat ini. Bentuknya yang lebih besar dan agak berbeda dengan jambu biji biasa, serta bagian dagingnya lebih tebal dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan Nujurmudin alias Godeg? Bocah asal Kampung Tanjung, Desa Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi yang kematiannya masih misterius. Tempat Godeg bersekolah dulu, yakni SDN Cikupa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang menarik di TPS Kampung Cikupa Tanjung, Desa Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. TPS 14, 15 dan 16 yang berlokasi di Gedung SDN Cikupa ini dilengkapi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya