Jadi Bacaleg di Kabupaten Sukabumi, Lima Kades Belum Lampirkan Surat Pengunduran Diri

Minggu 22 Juli 2018, 13:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lima dari tujuh Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) belum melampirkan  surat pengunduran diri sebagai Kades ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Dede Haryadi, kelima Kades aktif tersebut masih memiliki waktu untuk menyerahkan surat pengunduran diri hingga H-1 pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) legislatif pada bulan September 2019 mendatang, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemiihan Umum Nomor 20 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD, calon yang menjabat sebagai ASN, kepala desa harus mengundurkan diri dan tahapan Pileg.

BACA JUGA: Siapa Paling Ganteng? Walikota Terpilih Sukabumi Ngobrol Bareng Ridwan Kamil dan Bima Arya

"Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI dan Kades aktif saat mendaftar harus melampirkan surat pengunduran diri,  Kami pun lakukan verifikasi data Bacaleg, hingga kini baru ada dua Bacaleg Kades yang melampirkan surat pengunduran diri sisanya lima orang," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, minggu (22/7/2018).

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Pendataan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Hodan mengungkapkan, dari ketujuh calon kepala desa yang mencalonkan pada pesta demokrasi 2019 nanti, hanya dua yang telah yang telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai kepala desa.

"Sampai saat ini baru ada dua Kades yang menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi, yakni Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug dan Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok," ungkapnya.

Kata Ia, ketujuh calon legislatif yang juga menjabat kepada desa aktif itu, mayoritas berada pada masa akhir jabatan. Selain itu, hingga kini pihaknya masih menunggu sisa surat pengunduran diri dari Bacaleg yang bersangkutan.

"Lima orang Kades dari informasi akan secepatnya mengajukan surat pengunduran diri. Rata-rata dari mereka  (Bacaleg) masa jabatannya sebagai kepala desanya tidak lebih dari 1,5 tahun," pungkasnya.

BACA JUGA: Pemilih Pileg 2019 Kabupaten Sukabumi Bertambah 12 Ribu, Siapa Saja?

Informasi yang didapat, ada tujuh nama Kades yang tercatat sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dalam daftar bacaleg yang beberapa waktu lalu disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketujuh Kades tersebut, saat ini bergabung di sejumlah partai politik kontestan pemilu legislatif yang berbeda, Kades Cibatu Dodi Ridha Gumilar Bacaleg PKB dapil IV Sukabumi, Iwan Ridwan Bakar yang merupakan Kades Mekarsari Bacaleg Partai Gerindra Dapil II.

BACA JUGA: Jurnalis di Sukabumi Ikut Pileg 2019, Apakah Harus Tinggalkan Profesi?

Kades Mekarasih Rosidin Bacaleg di Partai Berkarya Dapil I, Kades Karangpapak Kecamatan Cisolok N Mulyana Bacaleg Partai Golkar Dapil I dan Kades Cidolog Keken Bacaleg di Partai NasDem Dapil V Sukabumi.

Sementara, dua Kades dari Partai yang sama yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) namun berbeda Dapil, keduanya yaitu Kades Cicantayan Dzulfikar Ali Hakim Dapil III Sukabumi dan Kades Ginanjar Wahidin Budiman Dapil II Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)