Kesaksian Warga Cibuntu, Saat Banjir Bandang Sukabumi Terjang Rumah dan Seret Warga

Selasa 22 September 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur pada Senin (21/9/2020) mengakibatkan banjir bandang di sejumlah wilayah utara Kabupaten Sukabumi. Salah satu yang paling berdampak adalah banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug.

Ratusan rumah Desa Cisaat, Pasawahan, Bangbayang, Nyangkowek, Mekarsari, dan Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug terdampak banjir bandang usai Jembatan Cibuntu yang membentang di atas Sungai Cibuntu tersumbat hingga air meluap ke permukiman warga.

BACA JUGA: Bendungan Alam Curug Citaman Ambrol, Dugaan Pemicu Banjir Bandang Sukabumi

Beberapa warga yang menyaksikan langsung bagaimana air bah meluap, mengaku masih syok. Seperti yang dialami Deden, warga RT 01/04 Kampung Cibuntu Desa Pasawahan. Diwawancarai saat live streaming sukabumiupdate.com, Selasa (22/9/2020), Deden menyebut banjir berawal saat hujan deras mengguyur pada Senin siang.

"Hujan mulai dari jam 12, cuma sempat reda. Terus sekitar jam 4 sore saya kebetulan ada di rumah dan hujan deras sekali. Saya dengar ada tetangga sebelah menjerit minta tolong. Saya keluar, pas keluar air sudah besar," kata Deden.

"Pada saat itu langsung saya cari warga untuk menolong Ibu Cicih, warga yang rumahnya sudah dikelilingi banjir bandang. Air deras banget. Cari tambang, alhamdulillah Ibu Cicih bisa kita selamatkan. Warga yang lain juga alhamdulillah kita bantu, bahu-membahu," katanya lagi.

BACA JUGA: Banyak Batang Pohon di Lokasi Banjir Bandang, Bupati Sukabumi: Seperti Baru Ditebang

Deden menyebut, salah satu penyebab air meluap adalah tersumbatnya Jembatan Cibuntu. Biasanya air lancar mengalir meski hujan deras, namun saat itu ada material bongkahan kayu yang kemungkinan berasal dari gunung, tertahan di jembatan hingga akhirnya air meluap ke permukiman masyarakat.

"Yang paling dramatis adalah saat tahu ada tetangga yang hanyut. Anak kecil usia tujuh tahun dan neneknya. Namanya si Firli. Tapi di situ ada warga namanya Robi Sugara langsung dengan cekatan menyelamatkan Firli dengan neneknya. Cuma di tempat lain ada kabar juga dua orang pekerja pembikin roti hanyut, tidak bisa diselamatkan karena lokasinya cukup jauh," ungkapnya.

Dampak banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Sukabumiupdate.com/Syahrul Himawan

Tak cukup sampai di situ, sukabumiupdate.com juga mewawancarai Cicih, yang saat itu berhasil diselamatkan warga. Cicih yang masih nampak syok dan trauma lantaran saat kejadian ia melihat di sekeliling rumahnya sudah digenangi air.

"Saya mah pasrah saja. Di dalam rumah ada lima orang. Rumah dimana-mana udah hancur. Air datang dari mana-mana. Waktu itu ada tambang, akhrinya bisa diselamatkan. Itu mah gusti, saya mah pasrah saja dan berdoa mudah-mudahan selamat. Mobil juga sampe kebawa," kata Cicih.

"Saya udah lama tinggal di sini. Ini kejadian yang kedua kalinya, cuma dulu mah enggak sampai begini. Sekarang mah parah. Masih trauma sekarang juga. Mudah-mudahan aja minta bantuan, keikhlasannya, soalnya mau gimana lagi? Sudah parah begini," tandas Cicih sambil menitikan air mata.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 Maret 2024, 15:30 WIB

Cara Mudah Mencegah Lonjakan Gula Darah, Coba Lakukan 8 Tips Ini di Rumah

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dan penting diketahui penderita diabetes
Ilustrasi - Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dan penting diketahui penderita diabetes (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Sukabumi Memilih19 Maret 2024, 15:23 WIB

Survei Calon Bupati Sukabumi 2024, Ananda Omesh Saingi Elektabilitas Iyos dan Asep Japar

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute merilis hasil survei terkait popularitas dan elektabilitas bakal calon bupati Kabupaten Sukabumi untuk Pilkada 2024 yang akan datang.
Bakal calon Bupati Sukabumi: Iyos Somantri, Ananda Rusdiana Omesh, dan Asep Japar | Foto : Sukabumi Update
Inspirasi19 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Driver Minimal Lulusan SMA di Rumah Sakit Swasta Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi Driver - Lowongan Kerja Sebagai Driver Minimal Lulusan SMA di Rumah Sakit Swasta Sukabumi. | (Sumber : Freepik.com/@standret)
Fashion19 Maret 2024, 14:30 WIB

Banyak Pilihan, 5 Ide Outfit Perempuan Untuk Rayakan Hari Raya Idul Fitri 2024

Berikut ini beberapa ide outfit perempuan untuk merayakan momen Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga
Ilustrasi - Banyak Pilihan, 5 Ide Outfit Perempuan Untuk Rayakan Hari Raya Idul Fitri 2024 (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 Maret 2024, 14:00 WIB

Kecemasan yang Berlebihan, 11 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.
Ilustrasi - Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel19 Maret 2024, 14:00 WIB

Minuman Super Segar Buat Takjil Puasa Nih, Bun! Cek Resep Lengkap Es Buah Hongkong Ini, Yuk!

Saat berbuka puasa, akan terasa segar jika tenggorokan kita dibasuh dengan minuman manis dan segar. Banyak resep minuman segar yang bisa jadi takjil puasa, salah satunya adalah Es Buah Hongkong atau Ximilu.
Salah satu minuman super segar yang cocok jadi takjil puasa keluarga, resep lengkap Es Buah Hongkong atau Ximilu yang manis dan nikmat | Foto : YouTube / Frisian Flag Indonesia
Life19 Maret 2024, 13:42 WIB

Apakah Cuka Sari Apel Bisa Mengobati Sakit Kepala? Simak Ulasan Berikut

Sakit kepala adalah gangguan umum bagi kebanyakan orang. Ada banyak klaim mengenai manfaat cuka sari apel, termasuk kemampuannya dalam membantu mengatasi sakit kepala.
Ilustrasi wanita merasakan sakit kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Food & Travel19 Maret 2024, 13:34 WIB

Takjil Puasa Super Gurih, Ekonomis, dan Nikmat! Cek Resep Lengkap Martabak Internet Ini

Membuat takjil puasa memang selalu menguras tenaga dan pikiran, apalagi di tengah kenaikan harga bahan pokok seperti sekarang ini.
Martabak Internet yang wajib dicoba. | Foto: YouTube Kreasi Bogasari
Life19 Maret 2024, 13:30 WIB

Pentingnya Menghargai Waktu, 10 Kunci Hidup Bahagia Ini Jarang Disadari Banyak Orang

Berikut ini beberapa kunci hidup bahagia yang jarang disadari banyak orang
Ilustrasi - Pentingnya Menghargai Waktu, 10 Kunci Hidup Bahagia Ini Jarang Disadari Banyak Orang (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih19 Maret 2024, 13:21 WIB

Akui Ada yang Menyarankan, Pj Wali Kota Sukabumi Bicara Soal Maju di Pilkada 2024

Kusmana mengakui ada beberapa pihak yang menyarankan dirinya ikut mancalonkan.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bicara soal pilkada serentak tahun 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi