Menu

05 Jul 2020, 12:49 WIB

Aksi Penolakan di Sukabumi Berlanjut, RUU HIP Belum Dihapus dari Prolegnas 2020

Apel Siaga Ganyang Komunis Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya yang digelar di Lapang Merdeka Sukabumi, Minggu (5/7/2020). | Sumber Foto: Sukabumiupdate.com/OKSA BC

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya, menggelar Apel Siaga Ganyang Komunis di Lapang Merdeka Sukabumi, Minggu (5/7/2020).

Apel yang mengusung narasi penolakan terhadap RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) tersebut, tidak hanya dilakukan di Sukabumi, melainkan digelar serentak secara nasional.

BACA JUGA: Bersama ASAK, MUI Kota Sukabumi Desak DPR RI Cabut RUU HIP Dari Prolegnas

Koordinator Apel Hendi Wiryadi Comen mengatakan, apel tersebut dilakukan sebagai bentuk kesepakatan bahwa masyarakat Sukabumi menolak RUU HIP. RUU HIP sendiri disebutnya akan melemahkan Pancasila.

"Pancasila sudah final, jangan sampai bergeser fungsinya. Harapannya semoga Anggora DPR RI bisa melanjutkan perjuangan ini, dengan dasar bahwa masyarakat setuju dengan penolakan RUU HIP tersebut. Mendukung NKRI dan Pancasila tetap pada koridornya," kata Comen kepada sukabumiupdate.com di lokasi apel.

Pantauan di lapangan, apel tersebut turut dihadiri Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) drh Slamet dan Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Mohammad Muraz, serta beberapa Anggota DPRD Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Satu Komando, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sukabumi Minta Cabut RUU HIP

Dalam kesempatan yang sama drh Slamet mengatakan, RUU HIP tidak masuk ke dalam 10 RUU yang dihapus dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2020 ini.

"Kita masih perlu perjuangan ekstra-parlementer. Sebab, bila hari ini yang menolak hanya Fraksi PKS dan Demokrat, maka tidak lebih dari 150-an kursi. Sehingga, jangan tertipu ketika pemerintah dan DPR RI mengatakan akan ditunda. Karena sekali lagi, di 2020 tidak ada pencabutan terhadap RUU HIP di Prolegnas," jelas Slamet.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City dilaporkan akan mendatangkan setidaknya lima pemain selama bursa transfer musim panas dan ingin merampungkan aktivitas jual beli pemain di awal musim baru pada 12 September,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki Fahmi Mubarok melalui Kanit Laka Iptu Nandang Herawan mengatakan, tak ada pengalihan arus akibat dampak perbaikan jembatan tersebut.  "Tidak ada pengalihan arus, tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada hari Selasa kemarin. Saking besarnya, ledakan di Beirut terasa hingga jarak 150 mil (240 kilometer) dari lokasi kejadian. Melansir Tempo.co,...

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang kasus kepemilikan narkoba Lucinta Luna ditunda imbas Pengadilan Negeri Jakarta Barat ditutup selama sepekan karena temuan kasus Covid-19. Dilansir dari tempo.co, PN Jakarta Barat tutup sejak Selasa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya