Menu

03 Jun 2020, 15:13 WIB

Demo Buruh di Cicurug Sukabumi Berlanjut, OPSI Ancam Tempuh Jalur Hukum

Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Saepul Tavip. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan buruh PT HJ Busana Indah Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, kembali melakukan aksi unjuk rasa di halaman pabrik, Rabu (3/6/2020). 

BACA JUGA: Kata Disnakertras Soal Aksi Demo Buruh PT HJ Busana Indah Sukabumi

Sebelumnya diberitakan, aksi unjuk rasa buruh PT HJ Busana Indah dipicu perusahaan yang berencana meliburkan buruh yang bekerja pada line di gedung B selama dua bulan Juni dan Juli.

Buruh meminta perusahaan membayar 50 persen upah selama diliburkan itu, namun hingga saat ini belum ada kesepakatan. 

BACA JUGA: PT HJ Busana Indah Cicurug Sukabumi Minta Kerja Giliran, Buruh: Kami Diancam SPD

Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sukabumi, Saepul Tavip mengatakan, pihaknya bersama pihak perusahaan saat ini sedang melakukan mediasi secara internal terkait tuntutan yang diminta buruh. Jika perusahaan masih bertahan dengan pendapatnya, ia mengancam akan melakukan aksi lebih besar lagi. 

"Para buruh sudah memberikan toleransi dengan meminta upahnya dibayar sebesar 50 persen selama diliburkan. Kalau mereka (perusahaan) tetap arogan, teman-teman akan melakukan aksi lebih besar lagi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, disela unjuk rasa.

BACA JUGA: Tolak No Work No Pay, Ratusan Buruh di Cicurug Sukabumi Unjuk Rasa

Tavip menuturkan, kebijakan perusahaan yang engga membayar upah buruh walaupun diliburkan itu sudah melanggar aturan dan perusahaan tersebut bisa diproses secara hukum. 

"Kita akan melakukan langkah hukum dan langkah persuasif. Seperti melaporkan ke polisi, karena upah tidak dibayar itu aturannya enggak main-main. Kami juga ingin melindungi hak-hak buruh, harapan kami masalah ini selesai hari ini," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Feby Ayu Arianti, gadis belia berparas cantik penjaga warung yang sempat viral karena bakat melukis dan pintar bahasa Inggris, kini telah berada di Jakarta.  Sudah dua bulan Feby...

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) mengajak tidak membeli baju baru selama tiga bulan  mulai 15 Juli higga 15 Oktober 2020. Gerakan ini merupakan implementasi slow fashion untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Google telah membagikan detail tentang rencana fitur yang akan datang untuk aplikasi panggilan videonya, Google Meet. Dikutip dari Suara.com, peningkatan ini untuk menggoda pengguna beralih dari opsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Tsuwano di Prefektur Shimane, Jepang, terkenal dengan saluran airnya yang jernih. Ikan-ikan koi berenang dengan elok di selokan yang jernih itu. Nah, bila ingin pemandangan serupa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya