Menu

21 Agu 2019, 11:59 WIB

Rentetan Gempa Magnitudo Kecil di Sesar Citarik, Cisolok hingga Palabuhanratu Laporkan Getaran

Daerah Cicemet, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bermagnitudo 3,9 yang terjadi Rabu (21/8/2019) dini hari tadi dirasakan sebagian masyarakat Kecamatan Palabuhanratu dan Cikakak dan Cisolok di Kabupaten Sukabumi. BMKG memperkirakan, gempa dangkal itu dipicu aktivitas Sesar Citarik. 

Masyarakat merasakan getaran gempa tidak hanya sekali. Kendati demikian, sejauh ini belum ada laporan dampak gempa tersebut.

BACA JUGA: Gempa Swarm Getarkan Kabandungan Sukabumi, Warga Diminta Tenang dan Waspada

"Saya di Cicemet, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, juga merasakan getaran gempa. Getaran cukup terasa dan terjadi beberapa kali, terjadi pertama (gempa) sekitar pukul 03.00 WIB," ujar Anggi kepada sukabumiupadate.com melalui sambungan telepon.

"Setelah gempa pertama selanjutnya terasa getaran gempa kecil hampir 8 kali. Alhamdulillah kalau di kampung saya berhubung rumah panggung jadi tidak ada masyarakat yang keluar atau mengalami kepanikan, sebab kalau rumah panggung gak kayak rumah biasa yang takut roboh jadi masyarakat cuma terbangun dari tidur saja saat gempa terjadi," tandasnya.

BACA JUGA: Gempa Terasa Beberapa Kali di Kabandungan Sukabumi, Siswa SD Tak Masuk Sekolah

Gempa juga dirasakan warga Kampung Cileungsing, Desa Cilengsing, Kecamatan Cikakak. Warga Agus Andi (39 tahun) mengatakan gempa yang terjadi beberapa kali itu mengagetkan warga.

"Setelah kejadian pertama sekitar pukul 03.16 WIB warga terbangun dari tidur. Terjadi lebih dari empat sampai lima kali gempa susulan tapi skala kecil. Alhamdulillah masih aman," ujarnya.

Namun hanya sebagian kecil saja warga yang merasakan getaran gempa. Sebab gempa terjadi pada dini hari ketika warga tertidur pulas sehingga tak merasakan gempa. "Saya tanya-tanya ke sebagian warga ada yang tidak merasakan karena tertidur pulas," tandasnya.

BACA JUGA: Gempa Lagi di Sesar Citarik Sukabumi, Kali Ini Lebih Kuat Bermagnitudo 3,9

Ketua satgas BPBD Kabupaten Sukabumi, Kuswan Hermawan, menyatakan saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah desa terkait dampak gempa yang dirasakan di wilayah Kecamatan Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok.

"Sampai sekarang belum ada laporan kerusakan rumah atau bangunan lain terdampak gempa dini hari tadi, karena pas kejadian masyarakat lagi pada tidur, jadi mungkin tidak terasa," singkatnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan mengumumkan Terminal 2 Bandara Changi akan ditangguhkan selama 18 bulan ke depan. Dilansir dari suara.com, di depan anggota parlemen Senin (6/4/2020), Khaw...

SUKABUMIUPDATE.com – Hingga kemarin, gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi sudah melakukan 2139 rapid test. Hasilnya 6 positif, 584 negatif dan 1549 masih dalam proses, dimana rapid test ini bukan...

Oleh: Milah Nurhasanah  (Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi) Corona atau Covid-19 adalah virus yang pertama kali di temukan di kota Wuhan, China pada Desember 2019, tidak perlu waktu lama...

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah lebih dari dua minggu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) karena terjangkit Virus Corona jenis baru atau COVID-19, kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya