Menu

13 Agu 2019, 15:56 WIB

Heboh Tanda Lokasi Gereja di Surade Sukabumi, Setelah Dicek Hanya Saung

Screenshot tanda lokasi Gereja HKBP dalam Goole Maps yang tersebar dalam grup Facebook dan Grup WhatsApp masyarakat Pajampangan, Sabtu (10/8/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Pajampangan Kabupaten Sukabumi beberapa hari terakhir dihebohkan dengan pesan berantai yang tersebar di medsos dan WhatsApp Grup soal keberadaan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Pesan yang menyebar cepat melalui grup facebook dan WhatsApp Grup masyarakat pajampangan ini berupa screenshot aplikasi Google Maps, tentang titik tanda lokasi gereja tersebut.

Sulaemansyah (35 tahun) warga Kampung Ciguha, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, mengatakan peta tanda lokasi gereja HKBP tersebut beredar di media sosial dan grup WA pada hari Sabtu (10/8/2019) kemarin. "Masyarakat cukup heboh dengan adanya lokasi tempat ibadah gereja di Kecamatan Surade," ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Natal, Empat Gereja di Cicurug Sukabumi Disterilisasi

Untuk memastikannya masyarakat bersama Muspika Surade, Pemerintah Desa Citanglar serta Kepolisian mengadakan koordinasi dan mengecek kebenaran lokasi tersebut, hari Senin kemarin (12/8/2019). "Pihak kepolisian, Pol PP dan Pemdes Citanglar sudah terjun ke lokasi dimana adanya gereja yang tertera dalam Google Maps tersebut, ternyata dilokasi tersebut hanya ditemukan sebuah saung," ucapnya.

Polisi, Muspika Surade dan Pemdes Citanglar hanya menemukan sebuah saung di tanda lokasi gereja HKBP. 

Tokoh Pemuda Desa Citanglar ini mengatakan, informasi tentang tanda lokasi bangunan ibadah tersebut ternyata hoaks. "Namun siapa yang menulis atau memberi tanda titik koordinat letak gereja HKBP masih dalam penelusuran," pungkasnya. 

"Kalau tadi pagi dicek di Google, lokasinya sudah hilang," imbuhnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (13/8/2019).

BACA JUGA: Tim Penjinak Bom Sterilisasi Gereja di Kota Sukabumi

Keterangan ini diperkuat oleh anggota Polsek Surade Brigadir Supriono, yang menyatakan di titik tanda lokasi pada Google Maps yang berada di Kampung Cirangkong RT 05/02 Desa Citanglar, Kecamatan Surade tidak ditemukan gereja. Di lokasi hanya ditemukan sebuah saung di kebun bekas menanam padi huma dan di sekitar saung tersebut tidak ada bangunan lain, hanya dikelilingi pohon jengjeng serta pohon mahoni.

"Dilokasi tersebut tidak ada bangunan gereja HKBP,” pungkasnya.

BACA JUGA: Sambangi Gereja, Ini Pesan Wali Kota Sukabumi di Malam Natal 2018

Dalam screenshot titik tanda lokasi yang tersebar di medos warga pajampangan, HKBP Surade ini berada di areal perkebunan jauh dari akses Jalan Raya Jampang Kulon Surade. Saat redaksi sukabumiupdate.com hari ini Selasa (13/8/2019) mengecek aplikasi Google Maps tidak ditemukan tanda lokasi gereja HKBP Surade, hanya ada dua HKBP yang ditandai di wilayah Sukabumi, yaitu HKBP Palabuhanratu dan HKBP di Kota Sukabumi.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya dalam memutus penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona. Salah satunya, yakni larangan memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di area...

SUKABUMIUPDATE.com - Epidemiolog Pandu Riono meragukan protokol Covid-19 di kantor yang dibuat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal dipatuhi. Dilansir dari tempo.co, ia berpatokan pada rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang tenaga kesehatan (nakes) Kota Sukabumi berinisial A, harus menelan pil pahit saat dirinya dinyatakan sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD R Syamsudin...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemberlakuan absensi shareloc live diberlakukan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur di hari pertama masuk kerja, Selasa (26/5/2020). Shareloc live dikirim sejak pagi dan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya