Light Dark

H-2 Lebaran, Lonjakan Penumpang di Terminal Palabuhanratu Baru 30 Persen

Sukabumi | 03 Jun 2019, 08:59 WIB
Suasana Terminal Tipe B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Senin (3/6/2019) siang. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Mendekati hari raya Idul Fitri 1440 H yang tinggal menghitung hari, suasana terminal Tipe B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mulai mengalami lonjakan penumpang. Dalam beberapa hari terakhir, mulai terlihat bus selalu dipenuhi penumpang.

BACA JUGA: Sopir di Terminal KH A Sanusi Kota Sukabumi Dinyatakan Positif Obat Gara-gara Pereda Nyeri


Advertisement

Operator UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan (P3) LLAJ Wilayah I Terminal Type B Palabuhanratu Dishub Jabar, Asep Setiawan menjelaskan, lonjakan penumpang di Terminal Tipe B Palabuhanratu yang menggunakan angkutan umum jenis bus sudah terjadi sejak Sabtu (1/6/2019).

"Pemudik cukup banyak dari arah Bogor dan Sukabumi dari kemarin. Peningkatan sekitar 30 persen dibanding hari biasa," ujar Asep Setiawan, Senin (3/6/2019).

BACA JUGA: H-5 Lebaran 639 Penumpang Berdatangan ke Terminal Palabuhanratu


Advertisement

Untuk itu, kata Asep, mengantisipasi penumpukan penumpang di terminal, pihaknya mengatur jadwal pemberangkatan dari terminal lebih dipercepat karena dari H -7 sampai H-1 banyak menerima kedatangan pemudik dari Bogor dan Sukabumi.

"Tadi malam saya piket poskotis angkutan Lebaran dari mulai pukul 19.00 WIB hingga 01.00 WIB. Pemudik terus berdatangan baik dengan kendaraan umum, juga kendaraan pribadi. Yang paling banyak menggunakan roda dua yang kebetulan singgah di terminal. Kalau tahun lalu pemudik dari arah Sukabumi dan Bogor tidak tertampung di terminal atau tidak teratasi oleh kendaraan umum yang ada. Sekarang mah relatif normal peningkatannya," pungkas Asep.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter