Menu

25 Apr 2019, 06:50 WIB

Kesaksian Warga Saat Longsor Timbun Rumah di Kabandungan Sukabumi

Tebing setinggi 30 meter longsor hingga menimbun rumah dan jalan di Kampung Cimeri RT 03/01, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/4/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur mengakibatkan tebing setinggi 30 meter di Kampung Cimeri RT 03/01 Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi longsor pada Rabu (24/4/2019) sore, sekitar pukul 17.45 WIB.

Akibatnya, satu rumah milik Iis (56 tahun) yang terletak persis dibawah tebing, tertimbun material longsor. Rumah tersebut dihuni dua kepala keluarga dengan enam jiwa. Beruntung, para penghuni saat kejadian sedang tak berada di dalam rumah, sehingga korban jiwa dapat dihindari.

BACA JUGA: Tebing Longsor Timpa Rumah di Kabandungan Sukabumi, Penghuni Selamat

Salah seorang saksi mata yang melihat langsung kejadian longsor tersebut, Apad Fadilah menuturkan, sebelum tanah longsor, ditengah guyuran hujan deras sempat terdengar suara gemuruh dari belakan rumah Iis, yang juga masih kerabat terdekatnya.

"Kebetulan saya baru pulang dari DPMD Kabupaten Sukabumi dan mampir sambil ngobrol soal ada aliran irigasi yang tersendat. Eh, tidak lama, sekitar satu menit, langsung di depan saya terjadi longsor. Sesudah itu, saya langsung selamatkan keluarga saya dulu, bawa lari menjauh dari lokasi longsor," kata Apad Fadilah kepada sukabumiupdate.com, usai kejadian.

BACA JUGA: Tebing Longsor di Kabandungan Sukabumi, Rumah Warga Tertimbun

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai Kasi Pemerintahan Desa Cianaga itu lalu melihat bagaimana tanah longsor seketika menimbun rumah Iis hingga nyaris tak terlihat. Bahkan, kata Apad Fadilah, material longsoran juga sampai menutupi jalan antar kampung.

"Pada saat kejadian longsor, para penghuni Ibu Iis sedang berada di luar. Sebelum kejadian kan sempat terdengar suara gemuruh dari belakang rumah Iis. Saat itu juga warga berhamburan menyelamatkan diri," ujarnya.

BACA JUGA: Ruas Jalan Sukabumi-Bogor Diterjang Longsor, Warga Tuding Akibat Proyek

"Ada yang lari menyelamatkan diri ke arah timur, terus saya dan lima orang yang lainnya lari berhamburan ke arah barat. Saya sampai tak sadar, reflek, motor sampai terguling karena melihat tanah bergerak dari tebing ke arah saya," ungkapnya sambil memperagakan.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak semua pasien positif virus corona harus tinggal di rumah sakit. Dilansir dari tempo.co, mereka yang tidak memiliki gejala dan layaknya orang sehat bisa melakukan isolasi mandiri...

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya