Menu

Rabu, 24 April 2019, 23:27 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah di Kabandungan Sukabumi, Penghuni Selamat

Tebing setinggi 30 meter longsor di Kampung Cimeri RT03/01, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Rabu(24/4/2019). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Satu rumah berukuran 6x5 meter persegi tertimbun material longsoran dari tebing setinggi 30 meter dan lebar 30 meter di Kampung Cimeri RT 03/01, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Rabu(24/4/2019), sekitar pukul 17.45 WIB.

Rumah tersebut diketahui milik Iis (56 tahun) yang dihuni dua kepala keluarga dengan jumlah enam jiwa. Nyaris seluruh rumah berikut isinya tertimbun material longsoran. Seluruh penghuni rumah berhasil selamat dari peristiwa tersebut.

BACA JUGA: Tebing Longsor di Kabandungan Sukabumi, Rumah Warga Tertimbun

"Pada saat longsor, tidak ada orang yang berada di dalam rumah. Sehingga semuanya berhasil selamat. Tidak ada korban," kata Kasi Pemerintahan Desa Cianaga, Apad Fadilah kepada sukabumiupdate.com, Rabu malam, melalui sambungan telepon seluler.

Ia mengaku menyaksikan langsung bagaimana longsor terjadi ditengah guyuran hujan deras, hingga menimpa rumah Iis yang masih kerabat dekatnya.

"Syukur alhamdulilah semua selamat. Kondisi rumah rusak berat dan kami dari pemerintah desa tidak mengizinkan lagi ada yang tinggal disana dan tidak ada aktivitas lain selain jalan," ujar Apad Fadilah.

BACA JUGA: Ruas Jalan Sukabumi-Bogor Diterjang Longsor, Warga Tuding Akibat Proyek

Untuk sementara, masih kata Apad Fadilah, keenam penghuni rumah yang tertimbun longsor mengungsi ke Kampung Cianaga RT 03/03, di salah satu anggota keluarga. Rencananya rumah tersebut akan direlokasi ke Kampung Cikurutug

"Kalau ada bantuan, kita akan buatkan rumah. Kalau tidak ada bantuan ya seadanya dulu yang penting bisa aman untuk tempat tinggal dan bisa beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

BACA JUGA: Banjir dan Longsor Terjang Desa Cijalingan Sukabumi

Ia mengambahkan, selain rumah, longsor juga menimbun akses jalan penghubung Kampung Cimeri-Cianaga, lintas jalan Desa Cianaga dengan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kabandungan.

"Tadi sudah turun langsung ke lapangan dari Tagana, BPBD Kabupaten, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, RT, RW, termasuk Kepala Desa Cianaga. Mengingat banyaknya volume material tanah, evakuasi membutuhkan alat berat. Sementara pakai alat seadanya dulu, pakai cangkul," pungkasnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pemotor dengan kopling manual, kampas kopling adalah komponen vital yang harus dirawat dengan benar. Karena banyak terjadi kampas kopling yang gosong dan cepat aus karena pemakaian...

SUKABUMIUPDATE.com - Insiden penembakan jurnalis Palestina Muath Amarneh oleh pasukan Israel memantik kemarahan khalayak dunia. Aksi solidaritas pun digaungkan untuk mendukung Amarneh melalui media sosial. Muath Amarneh menjadi korban penembakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua suporter asal Indonesia ditahan kepolisian Malaysia seusai laga Timnas Indonesia melawan Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup G di Stadium Nasional Bukit Jalil,...

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial ramai dengan video penggerebekan siswi SMA diduga melakukan aksi mesum di parkiran Mal Serang, Banten. Kedua sejoli tersebut nyaris diamuk oleh massa. Video penggerebekan tersebut diunggah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya