Menu

Selasa, 12 Pebruari 2019, 12:19 WIB

Diterjang Banjir Bandang, Begini Kondisi Pondasi Jembatan Cimaja Palabuhanratu

Rongga pada pondasi penyangga jembatan Cimaja di Jalan Raya Palabuhanratu - Cisoolok. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pondasi penyangga jembatan Cimaja di Jalan Raya Palabuhanratu - Cisolok Kabupaten Sukabumi terkikis derasnya sungai Cimaja saat banjir bandang menerjang pada Minggu (10/2/2019).

Pantauan sukabumiupdate.com, nampak rongga pada pondasi penyangga tersebut karena batu pondasinya yang terkikis aliran sungai.

BACA JUGA: Sungai Cimaja Sukabumi Meluap, Jalan Ikut Tergerus

"Minggu malam itu, sekitar bada maghrib tiba-tiba suara gemuruh air sungai terdengar kencang tidak lama dibarengi air meluap. Luapan sungai itu mengakibatkan pondasi jembatan seperti itu. Luapan sungai juga merusak tanggul sawah di pinggir sungai," ujar Ade Rabig (52 tahun) warga Desa Karangpapak.

Keadaan ini membuat khawatir pengguna jalan, karena jembatan yang berada di perbatasan antara Desa Cimaja Kecamatan Cikakak dengan Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok ini menjadi akses utama.

"Mungkin ini harus segera diatasi sebab ini akses utama masyarakat," ungkap Jaelani, pengguna jalan.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi menyatakan kalau jembatan Cimaja berada di ruas jalan nasional sehingga kewenangannya di pusat. Meski demikian Dinas PU Kabupaten Sukabumi akan berkoordinasi dan melaporkan ke PU pusat untuk penanganannya.

"Jalan itu merupakan jalan nasional, jadi kewenangannya memang di pusat, dan yang menanganinya pun oleh orang pusat," ujar Jaenal Abidin bagian pelaksana teknis Dinas PU Kabupaten Sukabumi.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras di kawasan utara Queensland, Australia, membuat Sungai Flinders melebar hingga 60 kilometer dan terlihat dalam foto satelit. Biro Meteorologi setempat, seperti dilansir News pada Kamis, 14 Februari 2019, menyatakan,”Sungai...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan, berdasarkan peta, potensi banjir di Jawa Barat merata di seluruh kabupaten dan kota. “Kalau melihat potensi bahaya banjir, potensi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya