Waluran Sukabumi Fokus Kembangkan Pertanian, Musrembang 2020

Kamis 13 Februari 2020, 12:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi tetap fokus mengembangkan sejumlah potensi utama untuk rencana pembangunan untuk tahun 2021 mendatang. 

BACA JUGA: Bappeda: Musrenbang Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi Didominasi Usulan Infrastruktur

Bagaimana potensi utama Waluran, yaitu sektor pertanian dikembangkan mengemukakan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) tahun 2020, Kamis (13/2/2020) di aula Kantor Kecamatan Waluran.

Hadir dalam forum ini hadir anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Komisi 1 (Anwar Sadad), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), UPTD Pekerjaan Umum, UPTD Puskesmas Waluran, UPTD Pertanian, UPTD Peternakan, enam kepala desa dan BPD di wilayah Kecamatan Waluran, Polsek Ciracap, Koramil Surade, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta kader perempuan dan ibu rumah tangga.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Komisi 1, Anwar Sadad menyampaikan RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021 masih fokus di sektor pertanian dan pariwisata. "Kami berharap kedepan sektor pertanian menjadi prioritas utama, hari ini masyarakat harus terisi dulu perutnya.” 

Hari ini padi masih menjadi komoditas utama pertanian di Waluran, dan kedepannya ungkap Anwar, bisa dikembangkan komoditas lainnya sehingga warga memiliki musim panen harian, mingguan, bulanan hingga setiap tahun.

“Kita butuh pengembangan semisal sayur dan tanaman tahunan, sehingga petani bisa terus memetik hasil panen dalam setiap periode waktu. Sayuran mingguan, bulanan padi, tahunan bisa durian atau cengkeh. Ini buruh fokus komoditas.”

BACA JUGA: Musrenbang Kecamatan Ciracap Sukabumi, Anggota DPRD: Pertanian dan Pariwisata Jadi Prioritas

Selain pertanian, pengembangan sektor perikanan rumah tangga juga harus menjadi pertimbangan di tahun mendatang. Menurut Anwar, hampir setiap rumah warga di Waluran punya sumber air bahkan memiliki kolam kecil yang harus dimanfaatkan untuk menambah gizi dan keuangan keluarga.

“Warga butuh bibit, kita harus mulai memberdayakan rumah tangga. Rubah pola konsumtif menjadi produktif,” jelasnya.

Infrastruktur seperti jalan juga mengemuka dalam forum ini, yang juga bermuara untuk meningkatkan kemudahan lalu lintas ekonomi khusus pertanian. “Ada suara agar pemerintah daerah mengambil alih sejumlah jalan desa, karena keterbatasan anggaran dana desa dan alokasi dana desa. Ini juga harus disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Selain masalah pertanian dan ekonomi, Kecamatan Waluran juga berharap memiliki saranan olahraga yang mumpuni. Hal ini diungkapkan langsung oleh Camat Waluran, Prama Rezemudra dalam forum tersebut.

BACA JUGA: Bappeda Kabupaten Sukabumi Beberkan Prioritas Usulan Musrenbang Kecamatan

“Kita punya pekerjaan besar untuk membangun sarana olahraga untuk mengakomodir potensi sumber daya anak muda di Waluran, terutama didunia olahraga. Sarana olahraga ini bisa jadi pembangunan lapangan olahraga yang tentunya memiliki fasilitas lengkap dan klop sama dengan aspirasi dari warga yang disampaikan kepada anggota DPRD pak Anwar Sadat,” ungkapnya.

Terkait sejumlah point utama dari Musrembang Kecamaan Waluran ini, Kabid Penelitian dan Evaluasi Bappeda Kabupaten Sukabumi, Yudi Indiriawan menegaskan akan dilanjutkan dengan proses verifikasi dilevel forum SKDP (Satuan Kerja Perangkat Daerah), mana yang bisa dinaikan ke Musrenbang Kabupaten Sukabumi.

“Di forum selanjutnya ini sejumlah usulan dari Kecamatan Waluran ini akan dikaji untuk mana yang bisa dicover oleh dan dibiayai APBD Kabupaten Sukabumi dan mana saja yang bisa diusulkan ke Provinsi Jawa Barat,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi