Ketua Komisi III DPRD Sukabumi Anjak Priatama, Dorong Pemekaran Jampang

Sabtu 09 November 2019, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatama Sukma menghadiri forum silaturahmi pegiat pemekaran Jampang, di Darul Amal Desa Bojong Genteng, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi

BACA JUGA: Jembatan Kedua Situ Gunung, Anjak Tekankan Keseimbangan Nilai Ekonomi dan Lingkungan

Anjak mengaku pertemuan dengan para pegiat pemekaran Jampang pada Jumat (8/11/2019) kemarin itu, tanpa direncanakan. "Kebetulan kami sedang melakukan kunjungan di beberapa lokasi wilayah Pajampangan," ucap, Anjak kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/11/2019).

Ada informasi dari teman yang hadir di forum itu, kata Anjak, kemudian secara tidak langsung meminta izin kepada pimpinan rapat untuk hadir dan diterima dengan baik oleh Forkoda Jampang.

"Alhamdulillah bisa hadir. Kami sangat mengapresiasi dengan kerja mereka yang konsisten dan secara prosedural untuk terus memperjuangkan lahirnya Kabupaten Jampang," kata dia. 

Informasi yang didapat dalam forum tersebut, tambah Anjak, bahwa Forkoda Jabar menunggu dan memberikan kesempatan Kabupaten Sukabumi hingga Juni 2020 mendatang. Hal itu untuk melengkapi seluruh syarat-syarat administratif agar dapat diperjuangkan oleh Provinsi Jawa Barat sebagai kabupaten baru atau kabupaten berdasarkan kajian penataan daerah, 

BACA JUGA: Sebut KUA-PPAS 2020 Kabupaten Sukabumi Cacat Logika Perencanaan, Anjak: Dipaksakan

"Di dalam forum tersebut, didapat informasi bahwa dalam anggaran perubahan di tahun 2019, ada APBD sebesar Rp.150 juta untuk kajian penataan daerah. Pada kesempatan itu, kami mendapat aspirasi bahwa dari sisi anggaran sangat kecil, karena dana tersebut hanya untuk kajian saja," imbuhnya.  

Sedangkan harapan Forkoda bukan hanya kajian saja, sambung Anjak namun ada proses dialog dan proses menjaring aspirasi dari berbagai kelompok, yang ada di Kabupaten Sukabumi

"Khusus kelompok masyarakat di Pajampangan, begitu pun dari sisi waktu, hanya dua bulan, Nopember dan Desember. Nampaknya tidak akan cukup untuk melakukan kajian," paparnya. 

BACA JUGA: Debat Ketua Komisi 3 dan Bappeda Berlanjut, Anjak: KUA PPAS Bukan Teknokratis Tapi Cocokologi

Hasil pertemuan itu, lanjut Anjak, selaku anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari fraksi PKS akan menyampaikan itu kepada Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Pertama anggaran itu lebih baik digeser pada tahun anggaran 2020, dan ditambah bukan hanya kajian, namun untuk anggaran penjaringan aspirasi masyarakat.

"Kebetulan pekan depan akan ada rapat paripurna untuk memberikan pandangan umum fraksi terhadap draft APBD 2020 dan saya berjanji di rapat paripurna akan disampaikan, mudah-mudahan semua fraksi atau anggota DPRD dari Dapil VI juga menyampaikan aspirasi masyarakat ini," imbuhnya.

Secara pribadi, Anjak menegaskan siap membantu baik secara moril, politik maupun material untuk kelancaran agenda Forkoda Jampang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)