Kapolres: Tidak Ada Satupun Laporan Kejadian Penculikan di Kota Sukabumi

Kamis 04 Oktober 2018, 06:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro menegaskan tidak pernah menemukan satupun kejadian penculikan, maupun laporan kehilangan anak di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Susatyo menyikapi soal berita viral di media sosial yang menyebutkan maraknya isu penculikan anak di Kota Sukabumi dan sekitarnya.

"Saya, Kapolres Sukabumi Kota menyatakan bahwa hingga saat ini tidak ada satupun kejadian penculikan atau laporan kehilangan anak. Yang ada adalah kejadian ODGJ. Sehingga, kami dari petugas kepolisian bersama Pemerintah Kota Sukabumi, menjawab isu-isu tersebut agar masyarakat nyaman dan tidak resah," tegas Susatyo saat mendatangi ruang Kemuning RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Kamis (4/10/2018).

BACA JUGA: Kabar Penculikan Tersebar di Medsos, Wali Kota Sukabumi Ingatkan Masyarakat Hal Ini

Susatyo mengaku akan mengerahkan aparat Bhabinkamtibmas untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang. Ia bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi akan melakukan penyisiran secara bertahap.

"Saya mengimbau sekali lagi, dalam menggunakan media sosial, apapun itu, mau itu Facebook, Instagram, WhatsApp grup, dan sebagainya, hati-hati dalam membagikan berita. Mungkin maksudnya baik, tapi membuat orang menjadi resah. Tunggu penjelasan dari aparat yang berwenang. Waspada boleh, tapi jangan berlebihan," ujarnya.

Susatyo khawatir, jika berlebihan justru menimbulkan kejahatan baru. Apakah nanti ada ODGJ yang dikeroyok massa dan sebagainya. Tentunya ini menimbulkan permasalahan baru. Kita bersama-sama akan lebih meningkatkan patroli, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

BACA JUGA: Wanita yang Disangka Penculik Anak di Sukabumi Dipastikan Alami Gangguan Jiwa Berat

"Kita juga akan kaji, berbagai profil akun yang membagikan konten-konten tertentu. Terkadang, satu foto ditambahkan dengan berita yang lainnya, berita-berita yang tidak ada di Kota Sukabumi. Dipotong-potong, dicuplik dan sebagainya, sehingga membuat masyarakat resah," tutur Susatyo.

Di tempat yang sama, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengapresiasi aparat keamanan yang sudah responsif dalam menyikapi keluhan dan masukkan dari masyarakat, terutama mengenai isu penculikan anak di Kota Sukabumi.

"Dan tadi sudah dijawab, isu penculikan anak itu tidak ada. Kami meminta masyarakat tetap tenang, jangan panik, tetapi tetap tingkatkan kewaspadaan. Insyaallah pemerintah dan aparat akan hadir untuk kenyamanan masyarakat," kata Fahmi.

BACA JUGA: Wanita Disangka Penculik Anak di Sukabumi, Pihak Keluarga Sebut Penyakit Gangguan Jiwa Kambuh

Lantaran marak beredar isu-isu tak jelas di media sosial, orang nomor satu di Kota Sukabumi itu juga meminta agar masyarakat agar lebih cerdas dalam memilah informasi yang beredar di media sosial, tidak asal membagikan informasi tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.

"Jangan terlalu mudah membagikan berita yang belum diketahui kebenarannya. Karena itu bagian dari upaya membuat masyarakat panik. Telusuri dulu, pelajari dulu benar atau tidaknya informasi itu," tandas Fahmi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)