Bappeda Sukabumi Membangun Ketangkasan Berinvestasi sebagai Akselerator

Selasa 28 Juli 2020, 06:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurrahman, menyatakan pembangunan perekonomian tidak dapat terlepas dari konsep investasi yang membangun.

Menurut dia, investasi apabila mengambil definisi secara umum merupakan suatu kegiatan pengalokasian dana atau sesuatu hal pada suatu atau lebih dari satu aset (assets) selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan dan atau peningkatan investasi. 

BACA JUGA: Bappeda Susun Stategi Tangani Krisis Ekonomi Pasca Pandemi Corona di Sukabumi

Oleh karena itu dampak dari investasi, sambung Maman, memiliki kriteria waktu tersendiri hingga hal tersebut dapat dirasakan manfaatnya. Ia menuturkan dalam teori ekonomi yang disampaikan oleh J.M. Keynes menyatakan bahwa investasi merupakan salah satu komponen pembentuk barang dan jasa yang menjadi ruh dari perekonomian, sehingga investasi memegang peran penting dan perlu untuk dikembangkan baik di skala nasional maupun daerah. 

Menempati urutan kedua dalam komponen utama perekonomian di Kabupaten Sukabumi, kata Maman, ketangkasan dalam investasi adalah kecakapan dalam membaca peluang sumber daya (SDA), yang dimiliki dan mengalokasikannya secara tepat dan bertanggungjawab. 

"Memegang peranan 30 persen dari PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Sukabumi sudah tentu mengharuskan seluruh pelaku ekonomi untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki terlebih di era disrupsi teknologi ini dimana aspek teknologi telah memudahkan kegiatan manajemen investasi," jelasnya. 

Selain itu, investasi juga saat ini tidak terbatas pada skala besar tetapi juga dapat dialokasikan pada kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (micro small and medium enterprises) sebagai salah satu penggerak perekonomian di sektor riil. 

"Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sudah tentu berbagai sektor mengalami guncangan (shock) tidak terkecuali sektor investasi. Secara nasional tercatat menurut BPS pada triwulan 1 tahun 2020 pertumbuhan YoY (tahun ke tahun) Penanaman Modal Tetap Domestik Bruto (PMTB) berada pada angka 1,70 persen. Angka tersebut lebih rendah dari tahun 2019 yang tumbuh sebesar 5,03 dari triwulan 1," paparnya. 

Sehingga dapat diindikasikan bahwa pandemi covid-19 berdampak pada seluruh aspek dan sudah tentu dirasakan oleh berbagai tingkat daerah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengarahkan pelaku ekonomi untuk lebih cermat dan cepat menangkap potensi pengembangan ekonomi yang ada khususnya di Kabupaten Sukabumi

"Melalui upaya pembangunan ketangkasan dalam berinvestasi secara langsung membangun iklim usaha yang dinamis dan melihat potensi yang ada," kata Maman.

BACA JUGA: Bappeda Pertahankan Pembangunan Strategis di Bidang Infrastruktur, Apa Saja?

Melalui hal tersebut diharapkan dapat kembali mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi untuk kembali pulih di tahun-tahun mendatang. Selain itu, dengan berorientasi pada ketangkasan dalam investasi maka kualitas hasil produksi yang dihasilkan akan meningkat seiring dengan permintaan dari pasar yang dihadapi. 

"Diharapkan seluruhnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat," tandasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Internasional23 April 2024, 16:00 WIB

Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi.
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa