Light Dark

Bappeda Susun Stategi Tangani Krisis Ekonomi Pasca Pandemi Corona di Sukabumi

Pemerintahan | 13 May 2020, 22:15 WIB

Bappeda Susun Stategi Tangani Krisis Ekonomi Pasca Pandemi Corona di Sukabumi

Pemerintahan | 13 May 2020, 22:15 WIB
Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Maman Abdurrahman (pertama dari kiri) menghadiri launching program beasiswa Bupati Sukabumi 2020. | DOC. SUKABUMIUPDATE

SUKABUMIUPDATE.com - Merabaknya pandemi virus Corona atau Covid-19 berdampak kepada sejumlah sektor di tatanan masyarakat termasuk pemerintahan. Mulai dari kesehatan, sosial, dan ekonomi. Oleh karena itu, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Sukabumi tengah merancang bagaimana memulihkan beberapa sektor itu pasca berakhirnya pandemi corona.   

BACA JUGA: Kepala Bappeda Sebut Program Beasiswa Bupati Sukabumi 2020 Dongkrak RLS

"Kami mempersiapkan bagaimana penangan kedepan pasca pandemi ini berakhir dan berdasarkan kajian, tentunya menyeluruh atau secara komprehensif. Mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, pangan, keamanan, komunikasi transformasi, listrik, dan pendidikan," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurrahman, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (13/5/2020). 

Maman mengaku, sudah membuat kajian-kajian untuk menghadapi kondisi dimana penyebaran pandemi ini berakhir. "Apa yang harus kita lakukan kedepan tentunya harus disiapkan dari sekarang, karena itu pun juga sangat penting," jelasnya.

BACA JUGA: Catatan Bappeda Kabupaten Sukabumi Pada Musrenbang Simpenan

Disisi lain, sambung Maman, pihaknya harus jeli melihat potensi yang ada. Apa saja yang diperkirakan bisa cepat dalam menangani krisis ekonomi. Maka dari itu, pihaknya sudah mendesain dan membuat kajian berkenaan dengan potensi ekonomi yang dapat dipercepat pasca pandemi berakhir.

"Sudah kita rintis gambarannya dan disampaikan kepada tim koordinasi perangkat daerah di bidang ekonomi dan sumber daya alam. Misalnya persiapan penyusunan anggaran perubahan, apakah memungkinkan ada tambahan penghasilan, tambahan pendapatan dan ini harus segera serta diprioritaskan untuk memulihkan pasca pandemi," tandasnya.

Image

Redaktur

Image

Reporter

Image

Reporter