Light Dark

Bappeda Pertahankan Pembangunan Strategis di Bidang Infrastruktur, Apa Saja?

Pemerintahan | 14 May 2020, 14:45 WIB

Bappeda Pertahankan Pembangunan Strategis di Bidang Infrastruktur, Apa Saja?

Pemerintahan | 14 May 2020, 14:45 WIB
Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurrahman, menandatangai hasil Musrenbang Kabupaten Sukabumi. | ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurrahman, menuturkan, sejumlah pembangunan infrastruktur dan yang sifatnya strategis ditengah Pandemi virus Corona atau Covid-19 ini masih dipertahankan.    

BACA JUGA: Bappeda Susun Stategi Tangani Krisis Ekonomi Pasca Pandemi Corona di Sukabumi

"Misalnya pembangunan jembatan Cibuni perbatasan Cianjur dengan Sukabumi, karena jembatan itu salah satu kawasan strategis informasi dan potensial menghubungkan dua kabupaten. Kemudian membuka akses Jalan Cipeuteuy Kabandungan," ujar Maman kepada sukabumiupdate.com, Rabu (13/5/2020) kemarin di Gedung Pendopo Jalan Ahmad Yani Sukabumi.

Selain itu, sambung Maman, pembangunan pusat perkantoran juga masih terus dilakukan. Pasalnya nanti akan dipergunakan untuk melayani masyarakat secara maksimal. "Lalu pembangunan mendesak ruang isolasi di rumah sakit Sekarwangi dan Pelabuhanratu juga pembangunannya sudah berjalan," paparnya.

Di sisi lain, lanjut dia, Bappeda Kabupaten Sukabumi juga tengah merancang bagaimana memulihkan kondisi ekonomi kedepan pasca berakhirnya penyebaran Pandemi corona. Mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, pangan, keamanan, komunikasi transformasi, listrik, dan pendidikan.

"Kami sudah membuat kajian-kajian untuk menghadapi kondisi dimana penyebaran Pandemi ini berakhir. Apa yang harus kita lakukan kedepan, tentunya harus disiapkan dari sekarang, karena itu pun juga sangat penting," jelasnya.  

BACA JUGA: Catatan Bappeda Kabupaten Sukabumi Pada Musrenbang Simpenan

Ia menegaskan pihaknya pun akan jeli melihat potensi yang ada. Apa saja yang diperkirakan bisa cepat dalam menangani krisis ekonomi. Bahkan sudah dirintis dan gambarannya disampaikan kepada tim koordinasi perangkat daerah di bidang ekonomi dan sumber daya alam.

"Misalnya persiapan penyusunan anggaran perubahan, apakah memungkinkan ada tambahan penghasilan, tambahan pendapatan dan ini harus segera serta diprioritaskan untuk memulihkan pasca pandemi," tandasnya.

Image

Redaktur

Image

Reporter

Image

Reporter