Menu

12 Peb 2020, 10:45 WIB

Bersama Negara Asean, IKM Kabupaten Sukabumi Rambah Pasar Thailand

Perwakilan Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan IKM Binaan DPESDM Kabupaten Sukabumi Promosikan Produknya di Thailand | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, mempromosikan sejumlah produk Industri Kecil Menengah (IKM), di ajang Festival Budaya Melayu Day ke-7, di Kota Yalla Provinsi Yalla Thailand.

BACA JUGA: Tingkatkan Mutu dan Produktivitas IKM, DPESDM Sukabumi Beri Bantuan Alat Produksi

Kepala Bidang ESDM dan Fasilitasi Kabupaten Sukabumi Yana Chefiana mengatakan, pameran produk itu diselenggarakan pada 7 sampai 9 Februari 2020 lalu. Diikuti sembilan produk IKM Sukabumi binaan DPESDM, diantaranya Piro coffee, Hand cuffs, G-opak pawon moghes, Kahla tempe crispy, Krispy Yummy Babeh, The Mass3m M4n dan Ilham Art.

"Kegiatan ini dalam rangka menjalankan salah satu fungsi DPESDM mempromosikan produk IKM Kabupaten Sukabumi, mulai dari tingkat lokal, regional, nasional maupun tingkat internasional," ujar Yana kepada sukabumiupdate.com, Rabu (12/2/2020).

Menurut Yana, festival ini merupakan acara tahunan yang besar dan ditunggu tunggu oleh masyarakat Thailand, khususnya bagi masyarakat Provinsi Yalla. Festival ini, sambung Yana diisi dengan pawai, pentas kebudayaan serta pameran yang diikuti oleh berbagai lembaga Pendidikan di Thailand.

"Lembaga pendidikan undangan dari Negara lainnya seperti Malaysia, Brunei dan Indonesia, selain itu juga ditampilkan pameran produk dari unsur IKM. Termasuk sembilan IKM binaan DPESDM. Kami juga bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi," jelasnya. 

BACA JUGA: DPESDM Fasilitasi Desain dan Cetak Kemasan 22 IKM Sukabumi

Yana mengaku, respon dan simpati luar biasa dari para pengunjung terhadap produk - produk IKM hasil binaan DPESDM Kabupaten Sukabumi. Dibuktikan dengan habisnya produk yang dijual, kartu nama bahkan katalog produk yang ditampilkan pada saat mengikuti acara Festival Melayu Day yang ke-7 ini.

"Kami berharap dengan mengikuti festival tersebut, produk-produk IKM Kabupaten Sukabumi kedepannya bisa ekspor berkesinambungan. Pasalnya jika mengandalkan dalam negeri saja tidak akan meningkat. Produk luar bisa menembus pasar kita, produk kita juga bisa menembus pasar internasional," tandasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi global ketiga yang disebabkan oleh virus corona baru membuat sebagian besar orang di seluruh dunia cemas. Dilansir dari suara.com, kecemasan ini membuat masyarakat melakukan panic buying, yakni...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video singkat memperlihatkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada melakukan video conference bersama jajaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 membuat masyarakat semakin memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Melansir dari tempo.co, anda bisa menggunakan air dan sabun sebagai senjata utama untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Status kegawatdaruratan Kota Sukabumi bakal meningkat setelah seorang warga terkonfirmasi positif Corona dari hasil swab. Hal ini diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada konferensi pers di Kantor...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya