Menu

15 Jan 2020, 13:17 WIB

Tingkatkan Mutu dan Produktivitas IKM, DPESDM Sukabumi Beri Bantuan Alat Produksi

Kepala Bidang Industri Agro DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana memberikan bantuan alat produksi kepada pelaku IKM opak di Kantor DPESDM. | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, kembali memberikan bantuan alat atau mesin produksi kepada sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Sukabumi.  

BACA JUGA: DPESDM Fasilitasi Desain dan Cetak Kemasan 22 IKM Sukabumi

Alat produksi yang diberikan oleh DPESDM Kabupaten Sukabumi itu, diantaranya mesin pengering buatan, loyang, alat produksi opak, dan ruang produksi opak. Bantuan itu diberikan di halaman kantor DPESDM, Selasa (14/1/2019).

Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM, Aam Ammar Halim mengatakan bahwa untuk kali ini kebijakannya akan semakin mengakselerasi peningkatan produktivitas dan mutu produk IKM.

"Salah satunya melalui bantuan alat atau mesin kepada kelompok-kelompok IKM, yang dirasa memiliki daya dongkrak ekonomi di wilayahnya. Tentu saja fasilitasi legalitas dan standarisasi produk IKM akan tetap diteruskan selain memfasilitasi peralalatan serta mesin produksi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/1/2020).

Kepala Bidang Industri Agro DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana menyampaikan periode ini kelompok IKM yang dibantu sebanyak empat kelompok. Yakni Enye Nurrahma Desa Cikembar Kecamatan Cikembar, Enye Berkah Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar. 

BACA JUGA: DPESDM Kabupaten Sukabumi Persiapkan IKM Survive Hadapi Isu Pembangunan

"Kemudian, G-Opak Kelurahan Surade Kecamatan Surade dan Herbal Kemuning Desa Nagrak selatan Kecamatan Nagrak. Mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan yang paling penting adalah dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat meningkatkan ekonomi sekitar," ungkap Yana.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Kemuning Nagrak, Euis mengaku sangat terbantu dengan bantuan DPESDM ini. Menurutnya, banyak pelaku IKM memiliki kendala permodalan, sehingga tidak bisa membeli alat-alat yang mendukung kegiatan produksi. Selain itu mesin pengering sangat membantu ketika tidak dapat berproduksi karena kendala cuaca.

"Dengan bantuan ini jelas membantu IKM olahan Herbal di sekitar Kecamatan Nagrak. Bantuan mesin pengering buatan ini juga membuat mutu dan kualitas produk menjadi lebih baik dan lebih higienis," kata Euis.

Euis menjelaskan, selain memberikan bantuan, DPESDM kerap turun langsung untuk melihat perkembangan IKM. "Interaksi DPESDM dengan para IKM  sangat intensif. Selain mendapatkan bantuan alat-alat yang menunjang produksi, kami juga bisa berkonsultasi mengenai produksi, legalitas, dan standarisasi produk," pungkasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak misteri tersimpan di laut dalam, termasuk dengan para penghuninya. Paling baru, peneliti dibuat kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya. Para peneliti yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit travelers yang merasa khawatir dengan kesehatan mereka saat traveling karena ancaman virus corona baru atau Covid-19. Belum lama ini, sepasang penumpang pesawat di Australia diketahui rela...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya