Calender Off Events 2020, Cara Pemkot Sukabumi Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Rabu 15 Januari 2020, 09:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) menyelenggarakan Rapat Pleno dan singkronisasi program Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) Kota Sukabumi, di Gedung Kantor BJB Cabang Sukabumi

BACA JUGA: Wali Kota Sukabumi Ukur Keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan Melalui LPPD

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, TPKAD melakukan sebuah gerakan literasi keuangan, termasuk mensingkronkan dengan gerakan Dekranasda, karena sangat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi.

"Kami berkomitmen bagaimana Sukabumi ini harus dibangun dengan kebersamaan, bukan bergerak secara sendiri-sendiri, tidak berjalan secara alamiah tetapi pembangunan di Sukabumi ini harus didesain sejak awal," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/1/2020).

Menurut Fahmi, selama ini banyak kegiatan di Sukabumi ini berserak. Oleh karena itu, ada Calender Off Events Sukabumi 2020 agar semua kegiatan, baik kegiatan pemerintah daerah, swasta, komunitas maupun pondok pesantren dan lainnya bisa dikoordinir, disatukan dalam sebuah kelembagaan.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan arahan dalam Rapat Pleno dan singkronisasi program Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) Kota Sukabumi, di Gedung Kantor BJB Cabang Sukabumi.//FOTO: GARIS NURBOGARULLAH.

"Kita sudah sepakati mulai 2020 ini, semua kegiatan yang berserakan itu menjadi kekuatan pesat di Calender Off Events Sukabumi. Hal itu dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi di Sukabumi," kata Fahmi.

Ia menegaskan, pemerintah daerah tidak bisa bergerak sendiri tetapi harus dilakukan dengan kolaborasi bersama semua pihak, dari perbankan, restoran, hotel dan UMKM. 

 BACA JUGA: Achmad Fahmi Ajak Karang Taruna Bebenah Kota Sukabumi

"Maka dari itu mari kita berkolaborasi dan bergerak bersama. Saya yakin Sukabumi ini memiliki apa yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain, tinggal bagaimana menggerakan roda perekonomian dengan melibatkan UMKM," tandasnya.

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, menambahkan kegiatan ini dilatar belakangi oleh pemda akan pentingnya kolaborasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder pembangunan.

"Kita sadar betul pemda kota memiliki banyak keterbatasan, keterbatasan kewenangan anggaran, sumber daya manusia, bahkan sumber daya alam. Jadi solusi terbaik kita harus melibatkan seluruh stakeholder pembangunan untuk sama-sama mensukseskan target-target pembangunan," jelasnya.

Maka dari itu, kata Rahmat tadi dikumpulkan dari pihak bank, hotel dan restoran tentunya untuk mensinergikan dalam pembangunan perekonomian.

BACA JUGA: Kota Sukabumi Launching Udunan Online, Bantu Warga yang Membutuhkan

"Seperti diketahui kita punya program unggulan Sukabumi Kece untuk mengembangkan wira usaha baru dan pengembangan UKM, mudah-mudahan bisa bersinergi dengan perbankan, hotel, dan restoran. Mendorong Dekrasnasda sebagai lembaga pemerintah untuk memberdayakan UMKM," ungkapnya.

Kedepan, pihaknya akan mendorong semua bank, hotel, dan restoran menampilkan hasil produk UMKM. Tentunya ada standar misalkan di Calender Off Events Sukabumi 2020 di dalamnya ada peta kuliner, wisata, aksesoris yang kesukabumian, budaya dan lain-lainnya ada rasa ke sukabumian.

"Intinya, karena ada keterbatasan maka semua stakeholder pembangunan bukan hanya jadi objek pembangunan tetapi subjek pembangunan yang aktif," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 09:05 WIB

Pimpinan SKPD Kota Sukabumi Bahas Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah

Tito menekankan pentingnya ketersediaan anggaran dalam keberhasilan program.
(Foto Ilustrasi) Rakor SKPD Kota Sukabumi di Oproom Setda Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat14 Mei 2024, 09:00 WIB

Bye Asam Urat! Teknik Memasak Ikan Laut untuk Menurunkan Kandungan Tinggi Purin

Metode memasak dapat menurunkan kandungan tinggi purin pada ikan laut.
Ilustrasi - Metode memasak dapat menurunkan kandungan tinggi purin pada ikan laut. (Sumber : Freepik.com).
Kecantikan14 Mei 2024, 08:00 WIB

Rutin Eksfoliasi, 8 Cara Mengatasi Tekstur Wajah Kulit Jeruk dengan Aman

Tekstur wajah kulit jeruk bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk jerawat, bekas jerawat, kerutan, atau bahkan paparan sinar matahari yang berlebihan.
Ilustrasi. Perawatan wajah. Rutin Eksfoliasi Termasuk Salah Satu Cara Mengatasi Tekstur Wajah Kulit Jeruk dengan Aman | Foto: Freepik/@wayhomestudio
Life14 Mei 2024, 07:00 WIB

8 Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Jika Anda melihat anak menunjukkan ciri-ciri stres karena sering dimarahi atau merasa lelah, penting untuk memberikan dukungan emosional dan membantu mereka mengatasi stres.
Ilustrasi - Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : unsplash.com/Chinh Le Duc)
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)