Menu

12 Nov 2019, 14:57 WIB

Petani di Tegallega Sukabumi Panen Bawang Merah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Ajat Sudrajat (tengah) bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami memperlihatkan hasil panen bawang merah, di Kampung Cilangkap, Desa Loji, Kecamatan Simpenan. | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi panen bawang merah di Kampung Cilangkap, Desa Loji, Kecamatan Simpenan. Luas lahan yang dipanen ini sekitar 1000 M2 dari keseluruhan luas tanah 17,5 Ha. 

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Serahkan Bantuan 30 Unit Traktor Tangan untuk Poktan

Kepala Dinas Pertanian, Ajat Sudrajat mengatakan, panen bawang merah itu merupakan program gerakan panen dan tanam, dalam rangka peningkatan produksi dan produksivitas serta mutu tanaman holtikultura, berkelanjutan di tahun 2019.

"Alhamdulillah di tempat lain masih kekeringan, tanaman banyak yang tidak hidup, tapi di sini masih ada kehidupan yakni panen bawang merah. Ini berkat hasil karya dan kreatif para petani bawang," ujar Ajat, Selasa (12/11/2019).

Menurut Ajat, lahan bawang merah yang dipanen saat ini dikelola oleh kelompok tani Tegallega Kampung Cilangkap, dengan dibiayai Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) 2 Kabupaten Sukabumi. Hal ini juga, sambung dia, merupakan bagian pengembangan tanaman strategis yang harus dilaksanakan dinas pertanian.

"Sebenarnya ada 7 kelompok tani di sini yang mengembangkan bawang merah dengan luasan 15 hektar di musim ini, tiga kelompok mendapat bantuan dari APBN tahun 2019 dengan laus lahan 8 hektar," jelasnya.

BACA JUGA: Waspada Hama di Musim Hujan, Catat Saran Dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

Sambung Ajat, hasil yang saat di dicapai merupakan apresiasi Kabupaten Sukabumi. Tidak hanya dalam mengembangkan potensi-potensi bawang merah yang ada, namun juga lainnya seperti cabe merah, bawang merah, dan bawang putih.

"Sukabumi ini kaya, luar biasa, tinggal kita warganya yang harus mengoptimalkan serta memanfaatkan lahan-lahan yang ada menjadi kehidupan. Mudah-mudahan ke depan para kelompok tani yang ada bisa lebih memaksimalkan lagi potensi yang ada," tandasnya.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan memberikan secara simbolis benih bawang TSS, pupuk organik padat/cair kepada petani, serta memanen dan menanam bawang.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran Polsek Jampang Kulon masih meminta keterangan pria yang sempat jadi bulan-bulanan warga terkait kasus dugaan pencurian angkot pada Sabtu (5/7/2020) lalu. "Kami masih menyelidiki dulu, apakah curanmor...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai salah satu kegiatan olahraga, bersepeda memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun jangan salah, terdapat juga efek buruk dari kegiatan gowes apabila tak dilakukan dengan benar. Dikutip dari Suara.com,...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi kembali mencatat data melandai akhir pekan ini, Minggu (5/7/2020). Berdasarkan data yang dirilis, tak ada penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP),...

SUKABUMIUDPATE.com - Amelia Hapsari menjadi orang Indonesia pertama yang bakal terlibat dalam penjurian Piala Oscar. Academy of Motion Picture Arts and Sciences sebagai penyelenggara ajang perfilm bergengsi di Hollywood...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya