Menu

Jumat, 03 Mei 2019, 15:22 WIB

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Serahkan Bantuan 30 Unit Traktor Tangan untuk Poktan

30 unit traktor tangan diserahkan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi kepada 30 kelompok tani. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor tangan roda dua sebanyak 30 unit untuk kelompok tani (poktan). Masing-masing kelompok tani mendapat satu unit traktor. Penyerahan dilakukan di halaman Kantor Dinas Pertanian, Jalan raya Cisolok, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kamis (2/5/2019). 

"Secara serentak kami bagikan 30 unit traktor berkapasitas 6,5 PK merek Quick kepada kelompok tani. Mudah-mudahan produksi padi para petani bisa lebih meningkat," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat.

BACA JUGA: Apresiasi Bupati Terhadap Poktan Bawang Putih Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eris Firmansyah, menambahkan, anggaran untuk bantuan traktor tangan roda dua bagi kelompok tani ini bersumber dari APBN 2019 pada pos anggaran Kementerian Pertanian. 

Eris mengungkapkan, sebelumnya bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, telah memberikan materi bimbingan teknis alsintan kepada kelompok tani penerima traktor tangan.

BACA JUGA: Gali Potensi Kopi Kabupaten Sukabumi, Dinas Pertanian Dorong Petani Masuk Pasar Global

"Kami yakin kelompok tani penerima bantuan traktor ini sudah paham cara menggunakan dan merawatnya karena mereka telah diberikan materi bimbingan teknis terkait alsintan," terang Eris.

Dengan bantuan traktor tersebut diharapkan petani dapat meningkatkan produksi pertanian, terutama padi. Dia mengingatkan kelompok tani sebagai penerima bantuan traktor supaya bisa memelihara dan merawatnya secara berkala. Soalnya, kerusakan alsintan itu sudah menjadi tanggung jawab masing-masing kelompok tani. 

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Siapkan Ribuan Lahan Penanaman Kedelai

"Kami juga akan berupaya mengajukan kembali bantuan traktor ke pemerintah pusat. Traktor itu nantinya untuk kelompok tani yang belum menerima bantuan dari dinas. Hanya saja traktor yang akan diajukan ke pemerintah itu jumlahnya masih kami hitung," pungkasnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan utara Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/11/2019) juga menyebabkan tembok SMPN 1 Bojonggenteng roboh. Tidak ada korban dilaporkan dalam musibah yang...

Oleh: Yuyum Yumanah (Catatan Mata Yuyum Yumanah) Pesta Demokrasi... Tinggal Menghitung Hari Tinggal Menentukan Jari Pilihlah Sesuai Hati Nurani Kalah Menang Sudah Pasti Siapkan Mental Ikhlaskan Hati Siapaun Yang Terpilih Nanti Kita Serahkan Pada Sang Illahi Kalah Bukan Berarti...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang kembali mengguyur sebagian wilayah Sukabumi utara pada Rabu (13/11/2019) siang menyebabkan tembok pabrik PT Dasan Pan Pacific Indonesia Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan untuk menjawab perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, perlu ada sebuah sistem dalam pengelolaan maupun pelayanan terhadap masyarakat.   BACA JUGA: Sekda Kabupaten...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya