Menu

25 Okt 2019, 10:37 WIB

DPMPTSP Terbitkan 125 Lembar Perizinan Berusaha Gratis Bagi IKM dan UKM Sukabumi

Foto bersama pelaku IKM dan IKM dengan Bupati Sukabumi usai mendapatkan serifikat izin berusaha dari DPMPTSP. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, fasilitasi perizinan berusaha kepada 60 pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

BACA JUGA: Ini Cara DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Dukung Perkembangan UKM/IKM

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Zainul, mengatakan, fasilitasi perizinan tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi untuk menerbitkan rekomendasi, sebagai dasar terbitnya perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

"Perizinan berusaha ini berguna bagi pengembangan usaha UKM/IKM Kabupaten Sukabumi dalam pemasaran dan penjualan," ujar Zainul kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/10/2019). 

Fasilitasi legalitas perizinan berusaha untuk UKM/IKM ini, kata Zainul, melalui Online Singel Submission (OSS) dengan Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Izin usaha. Tujuannya failitasi izin berusaha ini, lanjut dia, untuk mewujudkan visi misi Bupati Sukabumi poin 1, yaitu meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Berbasis ekonomi lokal melalui bidang Agribisnis, Pariwisata, dan Industri yang berwawasan lingkungan," tuturnya.

Kedua, membuka peluang usaha kerjasama pelaku UKM dan IKM dengan memperluas Networking Business, yang akhirnya mampu menggerakan perkonomian di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. "Kemudian yang ketiga kemudahan berusaha dengan efektif dan efesien," jelasnya. 

BACA JUGA: Deteksi Bangkrut, DPMPTSP Sisir Laporan Modal Pelaku Usaha di Sukabumi

Menurut Zainul, dengan berkembangnya UKM dan IKM di Kabupaten Sukabumi melalui dukungan dan kepedulian penuh pemerintah daerah, kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat dan menjadikan Sukabumi lebih baik. 

"60 pelaku usaha yang mendapatkan fasilitasi izin berusaha ini diawali dengan seleksi oleh kecamatan domisilli UKM dan IKM itu berusaha. Adapun jumlah jenis perizinan berusaha yang difasilitasi diantaranya, 42 NIB, 42 Izin Usaha dan 41 Izin Pangan Industri Rumah Tangga, total 125 lembar perizinan usaha yang diterbitkan," terangnya. 

Zainul berharap, fasilitasi yang diberikan bagi UKM dan IKM berdampak pada kesiapan bersaing dengan pelaku usaha di daerah lain. Lalu, menciptakan iklim investasi yang kondusif dan promotif. Memberikan kepastian hukum dan efisiensi yang berkeadilan serta ramah lingkungan.

"Lahirnya ide-ide kreatif dan inovasi dari para pelaku usaha UKM dan IKM Kabupaten Sukabumi. Kemudian penguasaan marketing untuk meningkatkan penjualan brand awaeness berusaha. Terakhir, adanya perluasan pangsa pasar serta meningkatkan kualitas produk pelaku UKM dan IKM," tandas Zainul.

 

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah pandemi corona, semua anggota keluarga terpaksa berada rumah sepanjang hari selama beberapa minggu untuk social distancing. Dilansir dari tempo.co, ini tak hanya membuat orang tua...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPR RI menyatakan sepakat atas penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 imbas dari pandemi virus corona Covid-19. Dilansir dari suara.com, kesepakatan itu didapat usai Komisi II...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak munculnya wabah virus Corona atau Covid-19, Wedang Jahe Beras Hitam produksi rumah pamer beras hitam Saung Palapah Katersna, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi justru...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengaku baru akan mempertimbangkan karantina wilayah secara parsial apabila hasil pemeriksaan Covid-19 sudah bisa didapat. Sebelumnya, Fahmi mengaku sudah mengirim sampel 60 warga...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya