FKDB Siap Kuatkan Ekonomi Syariah di Bidang Perwakafan

Selasa 01 Oktober 2019, 04:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB), yang menjadi operator program Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), di bidang pendidikan, mengikuti pelatihan konsultan wakaf, di Hotel Burza Yogyakarta. 

BACA JUGA: FKDB dan HIPKI Kompak Dukung SABER, Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Pelatihan wakaf yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI) bekerjasama dengan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI) dan Badan Wakaf Indonesia itu, dilaksanakan dari 28 sampai dengan 29 September 2019. 

Acara itu dihadiri oleh para perwakilan dari berbagai Yayasan dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dari wilayah Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan wilayah lainnya. 

Pelatihan wakaf itu dibuka secara langsung oleh, Ketua Dewan Penasihat  HIPKI, Dr KH Abun Bunyamin MA, dengan pembacaan doa.

Acara tersebut bertujuan untuk menggalakan perwakafan di Indonesia, yang selama ini dihadapkan dengan tantangan minimnya literasi perwakafan yang masih minim di Indonesia dan kuantitas serta kualitas Nadzir wakaf, yang masih minim dan data 430.000 ha asset umat Islam yang 90 persen tidak produktif. 

Diharapkan dengan pelatihan tersebut mampu melahirkan duta wakaf, yang professional untuk secara langsung atau tidak langsung memperkuat ekonomi Syariah di Indonesia dan mengoptimalkan produktivitas asset untuk kemaslahatan umat.

Ketua DPP HIPKI Asep Syaripudin mengingatkan, para perserta akan pentingnya pelatihan wakaf ini untuk terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran umat.

BACA JUGA: Ayep Zaki: SDM Handal Tentukan Masa Depan Negara

Ketua Umum FKDB sekaligus Pembina YPPDB, Ayep Zaki mengatakan Workshop Nasional ini membangkitkan semangat FKDB dengan YPPDB untuk terus berdoa dan bekerja demi tercapainya harapan bangsa, yaitu keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Kami sangat meyakini bahwa melalui perwakafan, Indonesia akan menjadi sebuah negara, yang baldatun thayyibatun warabbun ghafuur. FKDB dengan YPPDB akan ikut serta secara aktif dalam menyukseskan giat Wakaf di Indonesia," ungkapnya. 

Hadir dalam kesempatan itu, sebagai narasumber di acara tersebut, Roy Renwarin dari Duta Wakaf Institute, Drs. H Muhammad dari perwakilan Badan Wakaf Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Prof Dr. Muhamad M.Ag ketua Dewan Masjid Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bpk Aang Gunawan dari BTN Syariah Cabang Yogyakarta dan yang lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi