Menu

Rabu, 13 Maret 2019, 09:25 WIB

Ayep Zaki: SDM Handal Tentukan Masa Depan Negara

Ayep Zaki, pengurus di DPP Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI) | Sumber Foto:doc sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Menanggapi persoalan sertifikasi keahlian untuk peningkatan kompetensi SDM Indonesia, Ayep Zaki, selaku pengurus di DPP Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI) mengatakan, bahwa selain integritas, maju mundurnya sebuah negara juga sangat ditentukan oleh kompetensi seluruh elemen bangsa di berbagai bidang.

Dengan perkataan lain, kemampuan sumber daya manusia Indonesia sangat menentukan nasib negaranya di masa depan terlebih dengan ketatnya persaingan di dunia usaha dan industri dewasa ini.

Sebagai pemberdaya UMKM, beliau sangat memahami bahwa kebutuhan akan ketersediaan SDM yang handal untuk masuk ke front persaingan sehat di dunia usaha adalah sebuah keniscayaan.

BACA JUGA: Soal UMK Kabupaten Sukabumi, Pengurus DPP Hipki Ayep Zaki: Buruh Harus Sejahtera

"Tanpa SDM yang handal, negara kita akan jauh tertinggal dengan bangsa bangsa maju di dunia saat ini. Kita harus terus berupaya agar SDM kita benar-benar qualified dan profesional," tandasnya.

Hal senada dan juga merupakan suatu reinforcement (penguatan) dalam kaitan Peningkatan SDM Indonesia ini, dalam acara peluncuran Sertifikat Elektronik tenaga kerja konstruksi Indonesia yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, pada Selasa, 12 Maret 2019, yang merupakan tindak lanjut dari program percepatan sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi yang ditetapkan pada Oktober 2018, Presiden Joko Widodo, menyatakan,

"Saya ingin mengingatkan bahwa di tengah semua kemajuan teknologi ini kita tidak boleh lupa bahwa kita harus terus meningkatkan kualitas SDM kita," katanya. Dalam acara tersebut, turut diserahkan sertifikat keahlian bagi 16.000 tenaga kerja konstruksi yang terdiri atas 13.900 tenaga terampil dan 2.100 tenaga ahli.

Zaki menanggapi bahwa apa yang disampaikan dan apa yang dilakukan oleh Presiden, Joko Widodo menunjukkan keseriusan pemerintah dalam upaya upgrading keahlian tenaga kerja Indonesia. Pemerintahan Indonesia benar-benar faham dan peduli dengan kompetensi para tenaga kerja ini.

Dengan adanya penguatan dari pemerintah ini, maka semakin bersemangat dalam kegiatan HIPKI nya untuk terus membina dan menyalurkan SDM sesuai kompetensi di bidangnya masing-masing melalui kursus dan pelatihan diiringi dengan sertifikasi yang jelas. Pelatihan operator alat berat seperti eksavator, Pelatihan di pembubutan, las listrik adalah juga bagian bidang yang sedang dijalankannya untuk kemajuan SDM Indonesia.

"Pernyataan Bapak Presiden memberikan semangat kepada saya dan menginspirasi saya untuk membuat banyak rencana terkait peningkatan keahlian Tenaga Kerja Indonesia," tandasnya.

Sumber : Humas FKDB
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  Berdasarkan sebuah penelitian tim dari Universitas di Buffalo, New York, yang dilakukan terhadap 11.084 wanita pasca menopause, menunjukkan, kurang tidur ternyata dapat membahayakan kesehatan tulang. "Studi kami menunjukkan...

SUKABUMIUPDATE.com -  Para ilmuwan untuk pertama kalinya dalam sejarah berhasil menemukan gula di dalam meteor, demikian diwartakan UPI, Rabu (20/11/2019). Temuan yang diterbitkan dalam jurnal PNAS pekan ini, mendukung teori...

SUKABUMIUPDATE.com -  Google Chrome memiliki dark mode untuk versi dekstop dan smartphone. Tetapi mode gelap ini diaktifkan dengan cara yang berbeda untuk setiap sistem operasi sehingga tidak semua orang...

SUKABUMIUPDATE.com -  Semen Padang FC sukses mengamankan tiga poin setelah menaklukkan tamunya, Kalteng Putra dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan pekan ke-28 Liga 1 2019 pada Kamis (21/11/2019) malam. Pada...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya